ANALISIS FUNGSI DAN PERAN KEHUMASAN DINAS PARIWISATA YOGYAKARTA DALAM SOSIALISASI EVENT TAHUNAN SEKATEN DAN FKY (FESTIFAL KESENIAN YOGYAKARTA)
Abstract
Yana Yunita. 12321083. Analisis Fungsi dan Peran Kehumasan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Yogyakarta dalam Sosialisasi Event tahunan Sekaten dan Festival Kesenian Yogyakarta (FKY).Skripsi Sarjana. Program Studi Ilmu Komunikasi, Fakultas Psikologi dan Ilmu Sosial Budaya, Universitas Islam Indonesia. 2018.
Tujuan penelitian ini adalah 1) Menganalisis fungsi dan peran kehumasan Dinas Pariwisata Yogyakarta yang telah dijalankan dalam sosialisasi event tahunan Sekaten dan FKY; 2) Menganalisis faktor pendukung dan faktor penghambat dalam dalam sosialisasi event tahunan Sekaten dan FKY
Paradigma penelitian ini adalah konstruktivisme. Teknik pemilihan narasumber menggunakan snow ball sampling. Narasumber dalam penelitian ini adalah Humas Pemrintah Kota Yogyakarta. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, dan dokumentasi. Data dianalisis secara kualitatif dengan tahapan pengumpulan data, pemilihan data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Teknik keabsahan data dengan menggunakan triangulasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peran dan fungsi humas Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta dalam penyelenggaraan sosialisasi Sekaten dan FKY (Festival Kesenian Yogyakarta) adalah 1) Peran dan fungsi humas Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta dalam penyelenggaraan sosialisasi Sekaten perencana sosialisasi dan pelaksana sosialisasi. Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta menyiapkan materi sosialisasi, anggaran yang dibutuhkan. Peran dan fungsi humas Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta dalam penyelenggaraan sosialisasi FKY berperan untuk menyiapkan materi sosialisasi, anggaran yang dibutuhkan untuk pelaksanaan sosialisasi FKY (Festival Kesenian Yogyakarta). Aktivitas Humas Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta dalam Penyelenggaraan Sosialisasi Sekaten dan FKY
(Festival Kesenian Yogyakarta) adalah a) Aktivitas Humas dalam penyelenggaraan sosialisasi sekaten adalah melaksanakan promosi melalui media cetak dan eletronik, menyiapkan pamflet, spanduk, leaflet, baliho; a) Aktivitas Humas Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta dalam penyelenggaraan sosialisasi FKY adalah kegiatan promosi dengan poster, sosialisasi melalui Radio Anak Jogja, website dan media sosial, press lease dengan media cetak lokal dan nasional serta media elektronik. 2) Faktor pendukung dalam pelaksanaan Sekaten didukung oleh media cetak lokal dan nasional.Pelaksanaan sosialisasi dari FKY melalui website dikelola oleh tim FKY didukung oleh tim dari “Jago Bisik”. Kegiatan FKY didukung oleh media cetak lokal dan nasional. Peluang yang dimiliki adalah sama-sama mempunyai peluang untuk melakukan kerjasama dengan pihak sponsor dari swasta. Faktor penghambat pelaksanaan sosialisasi Sekaten dan FKY terkendala biaya yang minim dimana anggaran berasal dari APBD (karena tidak ada sponsor dari segi pendanaan. Ancaman yang ada adalah event budaya lain yang perlu untuk dikembangkansehingga pihak Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta perlu adanya kesiapan baik dari SDM, manajerial, materi dan pendanaan.
Collections
- Communication [943]