Show simple item record

dc.contributor.authorM. SHIDQON PRABOWO, 08912344
dc.date.accessioned2018-07-21T17:07:45Z
dc.date.available2018-07-21T17:07:45Z
dc.date.issued2009-12-19
dc.identifier.urihttps://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/9239
dc.description.abstractSalah satu isu pokok yang sering dipermasalahkan dalam perlindungan hukum terhadap jamaah haji Indonesia adalah kriteria mengenai pelayanan terhadap jamaah haji yang kurang maksimal Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana perlindungan hukum yang diberikan kepada jamaah haji Kota Semarang oleh Kantor Departemen Kota Semarang sebagai jasa layanan publik serta untuk mengetahui solusi-solusi hakhak konsumen (jamaah haji) yang belum diberikan oleh Kantor Departemen Agama Kota Semarang selaku pelayanan jasa publik. Penelitian ini merupakan penelitian yang bersifat deskriptif dan apabila dilihat dari jenisnya termasuk penelitian hukum emperis. Lokasi penelitian di Pemerintahan Kota Semarang khususnya di kantor Depag Kota Semaraang. Jenis data yang dipergunakan meliputi data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data digunakan yaitu wawancara dan studi kepustakaan. Analisis data menggunakan data kualitatif dengan model interaktif. Hasil penelitian ini adalah bahwa Pemerintah Kota Semarang dalam hal ini Depag sebagai penyelenggara jasa layanan publik belum optimal melakukan tindakan perlindungan hukum bagi jamaah haji Kota Semarang. Peran yang dilakukan Depag Kota Semarang dalam penyelenggaraan ibadah haji adalah dengan membentuk suatu kepanitiaan bimbingan manasik, pemberangkatan dan pemulangan calon jamaah haji Kota Semarang. Faktor penghambat dalam memberikan perlindungan hukum bagi jamaah haji Kota Semarang salah satunya adalah tidak adanya ketentuan tentang perhajian yang menuntut pemerintah daerah berperan lebih sekedar melakukan tindakan bimbingan, dan mengurus pemberangkatan dan pemulangan jamaah haji. Implikasi teoritis penelitian ini adalah adanya konsep perlindungan hukum yang jelas untuk melindungi jamaah haji dari segala permasalahan kerugian maupun penipuan. Adapun implikasi praktisnya adalah hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai rujukan Departemen Agama Kota Semarang dengan seoptimal mungkin memberikan pelayanan dan perlindungan hukum bagi jamaah haji di Kota Semarang.en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.titlePERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP JAMA’AH HAJI INDONESIA (STUDI KASUS KANTOR DEPAG KOTA SEMARANG)en_US
dc.typeThesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record