Show simple item record

dc.contributor.authorGALIH PAMENANG SURYO NEGORO, 08912373
dc.date.accessioned2018-07-16T12:13:59Z
dc.date.available2018-07-16T12:13:59Z
dc.date.issued2016-01-29
dc.identifier.urihttps://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/8755
dc.description.abstractArus globalisasi dan perdagangan bebas serta kemajuan teknologi telekomunikasi dan informasi telah memperluas ruang gerak transaksi barang dan/atau jasa yang ditawarkan dengan lebih bervariasai, baik barang dan/atau jasa produksi dalam negeri maupun barang impor. Dalam pasar bebas dan persaingan global ini, maka hanya pelaku usaha yang handal yang mampu menghasilkan barang dan/atau jasa yang berdaya saing tinggi, yaitu berkualitas, harga kompetitif, delivery part time tepat dan jaminan keamanan, keselamatan dan kenyamanan, serta kesehatan bagi konsumen yang mampu bertahan. Bagi konsumen yang menghadapi era perdagangan bebas ini perlu pula diberdayakan dan dipersiapkan terutama dalam memilih dan menentukan kebutuhan akan barang dan/atau jasa serta menuntut hak-haknya sebagai konsumen sebagaimana dimaksudkan dalam Undang-undang Nomor 8 Tahun 1999. Sebagaimana tujuan Undang-undang adalah meningkatkan harkat dan martabat konsumen melalui berbagai upaya antara lain meningkatkan kesadaran, pengetahuan, keperdulian dan kemandirian konsumen sehingga dapat melindungi diri, keluarga, orang lain maupun makhluk hidup lainnya. Di Indonesia dimana mayoritas konsumen adalah muslim adalah merupakan hal yang penting dalam memperhatikan kualitas suatu produk barang dan atau jasa dalam hal tidak bertentangan (masalah halal-haram) dengan keyakinannya sebagai seorang individu. Karena bagaimanapun masalah perlindunagan konsumen terhadap suatu produk memiliki hubungan dan tanggung jawab langsung antara manusia dengan Tuhan-Nya (Allah SWT), dan hal ini tidak dapat ditutupi hanya untuk kepentingan praktis, misalnya untuk kepentingan ekonomi, bisnis, maupun politik. Didalam Islam konsumen memiliki hak memilih yang lebih luas dan terjamin yang dikenal dengan hak khiyar.en_US
dc.publisherUNIVERSITAS ISLAM INDONESIAen_US
dc.titlePERLINDUNGAN HUKUM KONSUMEN DI INDONESIA DITINJAU DARI PERSPEKTIF HUKUM ISLAMen_US
dc.typeThesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record