dc.description.abstract | Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui berapa tingkat antrian nasabah
dan berapa besarnya biaya tunggu dan biaya pelayanan yang terjadi serta untuk
mmengevaluasi apakah desain antrian pada saat ini sudah dapat meminimumkan
biaya tunggu dan biaya pelayanan pada Bank BRl Kanca Cik Di Tiro.
Analisis ini dilakukan dengan menghitung tingkat kedatangan rata-rata
nasabah dan tingkat pelayanan rata-rata nasabah pada tiap loket pengambilan dan
penyetoran dana, menghitung probabilitas tidak ada nasabah yang menunggu
dalam sistem, jumlah rata-rata nasabah yang menunggu dalam antrian dan ratarata
waktu tunggu nasabah dalam antrian, jumlah rata-rata seluruh nasabah yang
menunggu dalam sistem dan rata-rata waktu tunggu total nasabah dalan sistem,
probabilitas nasabah yang menunggu dalam antrian. Setelah semua perhitungan
tersebut dapat dicari biaya tunggu dan biaya pelayanan serta biaya totalnya.
Untuk mengetahui apakah biaya tunggu dan biaya pelayanan sudah dapat
diminimumkan dengan cara membandingkan apabila loket yang ada saat ini
ditambah 1 loket.
Berdasarkan hasil perhitungan, diketahui bahwa tingkat kedatangan ratarata
nasabah 10 orang per jam per loket dan tingkat pelayanan nasabah rata-rata 9
orang per jam per loket. Jumlah rata-rata nasabah dalam antrian 0,02 orang per
jam dan rata-rata waktu tunggu nasabah dalam antrian 0,0046 jam. Jumlah ratarata
seluruh nasabah dalam sistem 1,13 orang per jam dan rata-rata waktu tunggu
total nasabah dalam sistem 0,1146 jam.
Setelah dilakukan perbandingan, apabila ditambah 1 loket biaya totalnya
menjadi lebih besar atau terjadi pemborosan ( Rp 112.660,22 < Rp 126.564,49 ).
Apabila dikurangi 1 loket biaya totalnya menjadi lebih kecil atau terjadi
penghematan ( Rp. 98.990,33 > Rp. 112.564,49 ). | en_US |