Show simple item record

dc.contributor.authorBudhianti, Ariesti
dc.date.accessioned2016-10-26T06:53:09Z
dc.date.available2016-10-26T06:53:09Z
dc.date.issued2005
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/123456789/804
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui berapa tingkat antrian nasabah dan berapa besarnya biaya tunggu dan biaya pelayanan yang terjadi serta untuk mmengevaluasi apakah desain antrian pada saat ini sudah dapat meminimumkan biaya tunggu dan biaya pelayanan pada Bank BRl Kanca Cik Di Tiro. Analisis ini dilakukan dengan menghitung tingkat kedatangan rata-rata nasabah dan tingkat pelayanan rata-rata nasabah pada tiap loket pengambilan dan penyetoran dana, menghitung probabilitas tidak ada nasabah yang menunggu dalam sistem, jumlah rata-rata nasabah yang menunggu dalam antrian dan ratarata waktu tunggu nasabah dalam antrian, jumlah rata-rata seluruh nasabah yang menunggu dalam sistem dan rata-rata waktu tunggu total nasabah dalan sistem, probabilitas nasabah yang menunggu dalam antrian. Setelah semua perhitungan tersebut dapat dicari biaya tunggu dan biaya pelayanan serta biaya totalnya. Untuk mengetahui apakah biaya tunggu dan biaya pelayanan sudah dapat diminimumkan dengan cara membandingkan apabila loket yang ada saat ini ditambah 1 loket. Berdasarkan hasil perhitungan, diketahui bahwa tingkat kedatangan ratarata nasabah 10 orang per jam per loket dan tingkat pelayanan nasabah rata-rata 9 orang per jam per loket. Jumlah rata-rata nasabah dalam antrian 0,02 orang per jam dan rata-rata waktu tunggu nasabah dalam antrian 0,0046 jam. Jumlah ratarata seluruh nasabah dalam sistem 1,13 orang per jam dan rata-rata waktu tunggu total nasabah dalam sistem 0,1146 jam. Setelah dilakukan perbandingan, apabila ditambah 1 loket biaya totalnya menjadi lebih besar atau terjadi pemborosan ( Rp 112.660,22 < Rp 126.564,49 ). Apabila dikurangi 1 loket biaya totalnya menjadi lebih kecil atau terjadi penghematan ( Rp. 98.990,33 > Rp. 112.564,49 ).en_US
dc.publisherUII Yogyakartaen_US
dc.subjectAnalisis Antrian Nasabahen_US
dc.subjectBank Rakyat Indonesiaen_US
dc.subjectKantor Cabang Cik Di Tiroen_US
dc.subjectPeriode Bulan Mei - Juni Tahun 2005en_US
dc.titleAnalisis Antrian Nasabah Pada Bank Rakyat Indonesia Kantor Cabang Cik Di Tiro Periode Bulan Mei - Juni Tahun 2005en_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record