Show simple item record

dc.contributor.advisorDr.Hujair.A.h.Sanaky,MSI
dc.contributor.authorYoespie arief amirullah, 12422088
dc.date.accessioned2018-06-25T13:48:02Z
dc.date.available2018-06-25T13:48:02Z
dc.date.issued2018-06-06
dc.identifier.urihttps://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/7963
dc.description.abstract12422088 Pembelajaran dengan metode word square pada anak tuna grahita. Merupakan upaya untuk melatih kemampuan anak tuna grahita dalam membaca huruf (abjad) masih sangat kurang di bawah rata- rata kemampuan anak normal. Anak Tunagrahita masih dipandang memiliki kelainan dan kekurangan pada masyarakat. Masalah yang terjadi di SLB C1 Panti Asih Pakem di karenakan lemahnya anak tuna grahita dalam berfikir dan membaca serta guru yang mengacu pada pembelajaran metode word Square. Diagnosis anak tuna grahita terlihat pada masa studi belajar mengalami gangguan kemampuan berfikir, bahasa serta gerak tubuh yang terlihat pada saat pola interaksi dan kemampuan sosial diantara mereka. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah guru, kepala sekolah SLB C1 Panti Asih Pakem Yogyakarta. Objek penelitian ini berupa aplikasi metode word square pada anak tuna grahita di SLB C1 Panti Asih Pakem Yogyakarta. Teknik yang di sgunakan untuk menentukan subyek penelitian ini yaitu dengan menggunakan pendekatan fenomenologi dengan melihat feomena yang ada kaitan dengan penelitian. Teknik pengumpulan data dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkkan bahwa aplikasi pembelajaran metode word square di SLB C1 Panti Asih Pakem Sleman menyesuaikan karakteristik dan kebutuhan peserta didik. Dilaksanakan secara tersusun sesuai dengan langkah-langkah. Guru memakai metode word square sebagai antisipasi untuk melatih anak agar dapat membaca huruf dan melatih kemampuan berbicara. Secara keseluruhan peningkatan hasil belajar Anak Tuna grahita dengan metode word square sangat membantu terhadap proses pembelajaran yang diterapkan. Selain itu, alat bantu atau media cukup mendukung dalam penerapan metode pembelajaran dengan baik. Untuk para guru di sekolah ini dituntut untuk kreatif, inovatif dalam menyampaikan materi dalam proses pembelajaran di dalam kelas.en_US
dc.publisherUNIVERSITAS ISLAM INDONESIAen_US
dc.subjectAplikasien_US
dc.subjectMetode Word Squareen_US
dc.subjectAnak Tunagrahitaen_US
dc.titleAPLIKASI METODE WORD SQUARE PADA ANAK TUNA GRAHITA DI SLB C1 PANTI ASIH PAKEM YOGYAKARTAen_US
dc.typeUndergraduate Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record