ANALISIS KREATIF PROGRAM HIBURAN TELEVISI LOKAL DALAM KONSTRUKSI IDENTITAS DAERAH (STUDI KOMPARATIF PADA RIAU TELEVISI DAN RIAU CHANEL TELEVISI PEKANBARU)
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui proses kreatif yang diterapkan pada program hiburan televisi lokal Riau Televisi (RTV) dan Riau Channel Televisi (RCTV) dalam mengkonstruksi indentitas daerah; 2) Untuk mengetahui faktor yang mempengaruhi proses kreatif program hiburan di Riau Televisi (RTV) dan Riau Channel Televisi (RCTV).
Paradigma penelitian ini adalah konstruktivisme dengan jenis penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknis analis data dari Miles dan Huberman dengan tahapan pengumpulan data, pemilihan data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Proses kreatif Riau Televisi dan Riau Channel Televisi dalam memproduksi program “Belacan” dan “Channel Online” dilalui dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Program “Belacan” yang memberikan edukasi suku dan budaya yang ada di Riau yaitu 5 suku terbanyak kepada masyarakat. Pembawa acara menggunakan pakaian adat dan bahasa daerah, menampilkan atraksi kesenian pada saat siaran off air. Program “Channel Online” menyajikan berita seputar Riau, tempat wisata dan kebudayaan, terdapat sesi request lagu pop/daerah; 2) Faktor-Faktor yang mempengaruhi proses kreatif program hiburan di Riau Televisi (RTV) terdapat faktor pendukung yaitu keterlibatan dari sponsor dan ketersediaan dari properti pendukung untuk acara terutama pada saat acara off air di luar studio. Untuk faktor penghambat yaitu kendala teknis seperti alat rusak, keterbatasan tempat pada saat siaran off air karena banyaknya peserta dari komunitas yang terlibat. Faktor-faktor yang mempengaruhi proses kreatif program hiburan di Riau Chanel Televisi (RCTV) terdapat faktor pendukung yaitu kerjasama tim yang solid dan adanya dukungan dari masyarakat.Untuk faktor penghambat yaitu kendala teknis seperti mati listrik atau cuaca buruk.
Collections
- Communication [942]