Faktor Penentu Pembelian Tiket Pesawat Pada Mahasiswa Ekonomi Universitas Islam Indonesia Yogyakarta
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk menganalisis pengaruh persepsi pada harga terhadap frekuensi keputusan pembelian tiket pesawat pada mahasiswa; 2) Untuk menganalisis pengaruh persepsi pada uang ekstra terhadap frekuensi keputusan pembelian tiket pesawat pada mahasiswa; 3) Untuk menganalisis pengaruh persepsi pada promosi terhadap frekuensi keputusan pembelian tiket pesawat pada mahasiswa; 4) Untuk menganalisis pengaruh persepsi pada reputasi maskapai terhadap frekuensi keputusan pembelian tiket pesawat pada mahasiswa dan 5) Untuk menganalisis pengaruh persepsi pada harga, uang ekstra, promosi dan reputasi maskapai secara bersama – sama terhadap frekuensi keputusan pembelian tiket pesawat pada mahasiswa.
Jenis penelitian ini adalah kuantitatif. Sampel penelitian adalah 110 orang mahasiswa. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Uji hipotesis menggunakan analisis regresi berganda.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Variabel persepsi pada harga berpengaruh negatif dan signifikan terhadap frekuensi keputusan pembelian tiket pesawat pada mahasiswa; 2) Variabel persepsi pada uang ekstra berpengaruh positif dan signifikan terhadap frekuensi keputusan pembelian tiket pesawat pada mahasiswa; 3) Variabel persepsi pada promosi berpengaruh positif dan signifikan terhadap frekuensi keputusan pembelian tiket pesawat pada mahasiswa; 4) Variabel persepsi pada reputasi maskapai berpengaruh positif dan signifikan terhadap frekuensi keputusan pembelian tiket pesawat pada mahasiswa; 5) Variabel persepsi pada harga, uang ekstra, promosi dan reputasi maskapai secara bersama-sama berpengaruh terhadap frekuensi keputusan pembelian tiket pesawat terbang.
Collections
- Economics [2152]