dc.description.abstract | Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara harga diri dan
kepuasan mahasiswa terhadap Prodi X. Penelitian ini melibatkan 120 responden
yang masih menjadi mahasiswa aktif dan sedang menempuh kuliah semester
5.Penelitian ini menggunakan 2 skala, yaitu skala kepuasan mahasiswa
berdasarkan aspek dari Kotler, Berry, dan Parasuraman (Indahwati, 2008;
Eliyanora, Andriani, dan Zahara, 2010) dan skala harga diri berdasarkan aspek
dari Coopersmith (Murk 1995). Reliabilitas skala harga diri adalah 0,791 dan
skala kepuasan mahasiswa adalah 0,965. Penelitian ini menggunakan analisis
korelasi Product Moment dari Pearson. Hasil penelitian ini menunjukkan korelasi
positif antara harga diri dan kepuasan mahasiswa terhadap Prodi Psikologi FPSB
UII (r = 0,276, p = 0,001 (p <0,05)). Dengan demikian, hipotesis penelitian
diterima. | id |