ANALISIS PENGARUH ICSR (ISLAMIC CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY) DAN ZAKAT TERHADAP REPUTASI DAN PROFITABILITAS PERUSAHAAN: STUDI EMPIRIS PADA BANK SYARIAH DI INDONESIA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untk menguji pengaruh ICSR (Islamic Corporate Social Reponsibility) dan Zakat terhadap Reputasi dan Profitabilitas pada Bank Syariah di Indonesia. Profitabilitas yang digunakan dalam penelitian ini diproxi kan dengan ROA dan ROE. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder berupa laporan tahunan pada periode 2014, 2015 dan 2016 yang diperoleh dari website resmi masing-masing Bank Syariah di Indonesia yang dikumpulkan dengan teknik dokumentasi. Metode pemilihan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling dan metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengungkapan ICSR berpengaruh positif dan signifikan terhadap reputasi, pengungkapan ICSR berpengaruh positif dan signifikan terhadap ROA, pengungkapan ICSR berpengaruh positif dan signifikan terhadap ROE, zakat tidak berpengaruh terhadap reputasi, zakat berpengaruh positif dan signifikan terhadap ROA, dan zakat berpengaruh positif dan signifikan terhadap ROE.
Collections
- Akuntansi [4399]