PENGARUH PENERAPAN ICE BREAKING TERHADAP PRESTASI BELAJAR KEWARGANEGARAAN (PPKN) SISWA DAN SISWI KELAS VIII MTs NEGERI 8 SLEMAN TAHUN AJARAN 2016/2017
Abstract
Pendidikan di Indonesia sering kali dihadapkan dengan problematika yang berat. Perlu diketahui bahwa sebuah sistem pendidikan mengandung berbagai kompenen pendidikan yang saling berkaitan, diantara kompenen tersebut meliputi landasan, tujuan, kurikulum, kompetensi, dan profesionalisme guru, pola hubungan guru dengan muridnya, evaluasi belajar, sarana prasarana, metodologi pembelajaran dan lain-lain sebagainya.
Permasalahan dalam penelitian adalah Seberapa Besar Perbedaan Dan Pengaruh Penerapan Ice Breaking Terhadap Prestasi Belajar Kewarganegaraan Siswa Dan Siswi Kelas VIII MTs Negeri 8 Sleman Tahun Ajaran 2016/2017.
Sesuai dengan namanya, ice breaking dibuat atau diselenggarakan untuk “memecahkan es” pada suatu proses suatu pemebelajaran berlangsung, baik itu pada acara pramuka atau les siswa dan siswi ataupun pada pertemuan – pertemuan para peserta didik ataupun acara yang formal seperti seminar dan pelatihan.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan bertujuan memecahkan masalah dengan menejemen dengan menggunakan model kuantitatif, model kuantitatif merupakan model keputusan yang menggunakan angka. Dalam penelitian, tidak selamanya seluruh populasi dijadikan subyak/obyek yang diteliti, diungkap data-datanya, dalam kasus dimana jumlah penelitian sangat banyak maka dengan alasan-alasan tertentu peneliti hanya mengambil sebagian saja dari jumlah tersebut untuk dijadiakan sebagi subyek/obyek.
Berdasarkan uji paired sample t-Test “t”, Hasil korelasi pada t hitung adalah 5,208 hal ini menunjukan hasil korelasi pada pengaruh penerapan ice breaking sebesar 5,208 adalah Agak rendah. H_a diterima dan H_o ditolak karena pada “t” hitung = 5,208 >1% = 1,987 dan 5% = 2,632. Dan probabilitas < 0,005 yaitu 0,000 < 0,005, dan Dapat disimpulkan bahwa : Ada perbedaan penerapan ice breaking terhadap prestasi belajar kewarganegaraan kelas VIII tahun 2016/2017, dan ada pengaruh yang segnifikan penerapan ice breaking terhadap prestasi belajar kewarganegaraan kelas VIII tahun ajaran 2016/2017.