Pengaruh Kualitas Layanan dan Harga Terhadap Kepuasan dan Loyalitas Konsumen
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh kualitas layanan dan harga terhadap kepuasan konsumen, kemudian tujuan lainnya yaitu untuk menjelaskan pengaruh kualitas layanan, harga dan kepuasan konsumen terhadap loyalitas konsumen Maskapai penerbangan Nam Air rute Yogyakarta-Pontianak dan Pontianak-Yogyakarta. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah konsumen atau pelanggan Maskapai penerbangan Nam Air rute Yogyakarta-Pontianak dan Pontianak-Yogyakarta. Sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah 96 responden yang dianggap telah cukup mewakili populasi yang diteliti. Teknik penarikan sampel menggunakan metode purposive sampling yaitu konsumen yang pernah menggunakan jasa maskapai penerbangan Nam Air rute Yogyakarta-Pontianak dan Pontianak-Yogyakarta. Model analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif responden dan analisis linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari regresi linier berganda pada persamaan model pertama menunjukkan adanya pengaruh signifikan antara kualitas layanan dan harga terhadap kepuasan konsumen. Kemudian hasil pengujian dengan regresi sederhana pada persamaan kedua menunjukkan adanya pengaruh signifikan kualitas layanan, harga dan kepuasan terhadap loyalitas konsumen.
Collections
- Management [4550]