Analisis Kepuasan Konsumen terhadap Kualitas Pelayanan Jasa Pada Restoran Dixie Yogyakarta
Abstract
Skripsi ini berjudul Analisis Kepuasan Konsumen terhadap Kulitas
Pelayanan Jasa pada Restoran Dixie Yogyakarta. Tujuan penelitian ini adalah
untuk mengetahui pengaruh dari berbagai variabel kualitas(fisik, keandalan,
ketanggapan, jaminan, dan empati) yang mempengaruhi kepuasan konsumen di
Restoran Dixie Yogyakarta. Penelitian ini dilakukan dengan metode deskriptif dan
metode kualitatif. Hal ini bertujuan agar penelitian yang dihasilkan lebih akurat,
sehingga dapat dicari solusi yang tepat. Metode desknptif dilakukan dengan
menggunakan instrumen kuesioner, selanjutnya kuesioner diolali menggunakan
bantuan komputer melalui program SPSS versi 12.00 for Windows.
Populasi yang diteliti adalah konsumen Restoran Dixie Yogyakarta.
Sampel yang digunakan sebanyak 100 orang. Metode statistik yang digunakan
adalah analisis kualitatif, Regresi berganda, korelasi berganda.
Berdasarkan hasil analisis Regresi berganda, dapat diketahui adanya
pengaruh yang positif dari atribut fisik, keandalan, ketanggapan, jaminan, dan
empati terhadap kepuasan konsumen atas pelayanan jasa Restoran Dixie
Yogyakarta. Hal ini dapat dilihat dari nilai koefisien regresi masing-masing
atribut adalah positif semua atribut menunjukkan nilai positif, karena memenuhi
taraf signifikasi yaitu <0,05, sedangkan variabel keandalan memiliki pengaruh
yang paling dominan terhadap kepuasan konsumen berdasarkan hasil olah data
yaitu sebesar 0,256. Hasil pengujian koefisien korelasi berganda 0,658
menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang sangat kuat antara variabel fisik,
keandalan, ketanggapan, jaminan, dan empati terhadap kepuasan konsumen
mengenai jasa layanan yang diberikan Restoran Dixie Yogyakarta.
Collections
- Management [4548]