Show simple item record

dc.contributor.advisorDrs. H. M. Ahmad Darmadji, M.Pd.
dc.contributor.authorWidyaningsih, Avinda, 13422077
dc.date.accessioned2018-04-24T12:36:21Z
dc.date.available2018-04-24T12:36:21Z
dc.date.issued2017-06-05
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/123456789/6974
dc.description.abstractProfesionalitas guru merupakan seseorang yang mampu atau berkompeten dalam bidang keguruan, yang mana seseorang tersebut memerlukan keahlian, kemahiran, dan kecakapan dalam segala aspek, baik dari segi pengetahuan maupun dari segi pedagogiknya. Oleh karena itu, seorang guru dituntut untuk profesional dalam menjalankan kewajibannya dalam mendidik siswa-siswinya guna mencapai tujuan kependidikan. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan pendekatan kualitatif. Peneliti melihat dan mendengar beberapa hal yang terjadi pada siswa dan siswi MAYOGA yang mengeluh mengenai mata pelajaran SKI, baik mengenai gurunya, metode pembelajarannya, hingga materi yang diajarkannya. Oleh karena itu penulis mencoba untuk menkaji hal ini dengan menghubungkan sikap profesionalitas seorang guru dengan metode pembelajaran siswa di dalam kelas. Subjek penelitian ini adalah Guru mata pelajaran SKI yang berada di sekolah MAN III Sleman yang berjumlah 3 orang. Penentuan subjek penelitian ini dilakukan karena guru mata pelajaran SKI merupakan guru yang terjun langsung dalam menghadapi peserta didik di dalam kelas, mengelola setiap kelas serta materi pelajaran siswa. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa profesionalitas guru mata pelajaran SKI di MAN III Sleman sudah sesuai dengan syarat keguruan dengan salah satu syarat yaitu lulusan dari kualifikasi akademiki. Meskipun ada seorang guru yang memang bukanlah lulusan dari kependidikan, akan tetapi beliau mengajar mata pelajaran SKI dan berusaha untuk tetap profesinal sebagai guru. Selain itu, peneliti juga mengetahui dan menemukan metode-metode apa saja yang digunakan oleh setiap guru mata pelajaran SKI di dalam kelas dalam menyampaikan materi kepada peserta didik. Tidak hanya itu, upaya guru matapelajaran SKI dalam meningkatkan profesionalitas dan metode pembelajaran guru mata pelajaran SKI tersebut sering mengikuti pelatihan yang diadakan dari dalam sekolah maupun luar sekolah, seminar ataupun talk show, melalui internet atao teknologi elektronik, dan sering sharing sesama guru.id
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaid
dc.subjectprofesionalitas guruid
dc.subjectmetode pembelajaran siswaid
dc.subjectMAN III Sleman Yogyakartaid
dc.titleProfesionalitas Guru Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) dalam Metode Pembelejaran Siswa di MAN III Slemanid
dc.typeUndergraduate Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record