Show simple item record

dc.contributor.advisorDrs. Achmad Sobirin, MBA., Ph.D,. Ak
dc.contributor.authorMuhammad nurul muflihin, 15911048
dc.date.accessioned2018-04-19T16:14:26Z
dc.date.available2018-04-19T16:14:26Z
dc.date.issued2018-03-15
dc.identifier.urihttps://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/6654
dc.description.abstractABSTRAK Pendidikan karakter merupakan hal yang penting dan stratregis untuk dilakukan dalam upaya pembangunan jati diri bangsa. Maraknya permasalahan mengenai buruknya moral bangsa yang termasuk di dalamnya para golongan elit, memberikan kritik keras terhadap institusi pendidikan. Lembaga pendidikan pondok pesantren yang bersifat dogmatis, merupakan lembaga pendidikan tradisional Islam yang mempelajari, memahami, mendalami, menghayati, dan mengamalkan ajaran Islam dengan menekankan pentingnya moral keagamaan sebagai pedoman perilaku sehari-hari. Berdasarkan hal tersebut, tujuan dilakukannya penelitian ini yaitu untuk menganalisis proses dan peran diseminasi nilai Pondok Pesantren Modern Al-Muhibbin Tuban terhadap perilaku alumni. Penelitian ini menggunakan desain penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Informan penelitian terdiri dari pimpinan pondok pesantren, tenaga pendidik, santri, dan alumni dari Pondok Pesantren Modern Al- Muhibbin Tuban. Hasil penelitian menemukan bahwa Pertama, nilai-nilai yang hendak ditanamkan pada proses diseminasi di Pondok Pesantren Modern Al-Muhibbin Tuban bersumber dari figur Kyai Muhibbin selaku pendiri Pondok Pesantren Modern Al-Muhibbin Tuban. Nilai-nilai yang hendak ditanamkan tersebut terdiri dari Nilai-nilai yang hendak ditanamkan tersebut terdiri dari nilai kehidupan bermasyarakat, akhlak, kerja keras, kejujuran, kedermawanan, ketegasan, tirakat, kemandirian, ketaatan beribadah, keramahan, dan kesabaran. Kedua, Proses diseminasi nilai di Pondok Pesantren Modern Al-Muhibbin Tuban terbagi menjadi beberapa aspek yaitu pengembangan potensi, padatnya kegiatan pembelajaran, pemberian sanksi pada pelanggaran, Interaksi santri dengan tenaga pendidik, pembelajaran dengan contoh, pembelajaran dengan kesederhanaan dan motivasi kepada setiap santri. Ketiga, Proses diseminasi nilai yang ada di Pondok Pesantren Modern Al-Muhibbin Tuban tidak sepenuhnya berjalan dengan efektif. Hal ini dikarenakan masih terdapat alumni yang tidak sepenuhnya memahami dan memiliki nilai-nilai yang hendak ditanamkan oleh Kyai Muhibbin. Kondisi tersebut diperburuk dengan adanya pergeseran nilai-nilai yang terjadi di Pondok Pesantren Modern Al-Muhibbin Tuban. Hal ini menuntut Pondok Pesantren Modern Al-Muhibbin Tuban untuk segera melakukan evaluasi mendalam mengenai permasalahan tersebut. Evaluasi perlu dilakukan agar proses diseminasi nilai dapat berjalan dengan efektif dan memberikan manfaat positif bagi santri dan alumni.en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectValueen_US
dc.subjectDisseminationen_US
dc.subjectIslamic boarding schoolen_US
dc.titlePROSES DISEMINASI NILAI-NILAI ORGANISASI PONDOK PESANTREN MODERN AL-MUHIBBIN TUBAN TERHADAP ALUMNI Halaman Depan TESISen_US
dc.typeUnder graduateThesisen_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record