Persepsi Kualitas Pelayanan Akademik dan Kepuasan Mahasiswa Prodi "X" Universitas Islam Indonesia
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara persepsi kualitas
pelayanan akademik dan kepuasan mahasiswa terhadap Prodi X. Subjek dalam
penelitian ini adalah mahasiswa dari Prodi X UII Yogyakarta yang masih aktif.
Penelitian ini menggunakan dua skala, yaitu skala kualitas pelayanan akademik
yang disusun berdasarkan teori Parasuraman, Berry dan Zeithml (Widodo,
2014) dan skala kepuasan mahasiswa disusun berdasarkan teori Surcshchandar,
Rajendra dan Anantharaman (Pratiwi, 2011). Data dikumpulkan dari 100
responden. Analisis penelitian menggunakan metode Product Moment dari
Pearson, dengan menggunakan SPSS 16.0 for windows. Analasis data
penelitian menghasilkan nilai korelasi r = 0,399 dengan p = 0,000 ( p < 0,01)
yang berarti terdapat korelasi yang signifikan antara kualitas pelayanan
akademik terhadap kepuasan mahasiswa. Sehingga hipotesis yang diajukan
diterima.
Collections
- Psychology [2177]