PENGARUH STRUKTUR MODAL, UKURAN PERUSAHAAN, PERTUMBUHAN PENJUALAN, DAN GOOD CORPORATE GOVERNANCE TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN PROFITABILITAS SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) Tahun 2013-2016)
View/ Open
Date
2018-04-12Author
Almas Rizqy Ghassani Asmawi, 14312111
Metadata
Show full item recordAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh struktur modal diukur dengan Debt To Equity Ratio (DER), ukuran perusahaan diukur dengan Ln Total Asset (UP), pertumbuhan penjualan diukur dengan Growth (GROWTH), dan good corporate governance (GCG) yang diproposikan kepemilikan institusional, komite audit, dewan komisaris, dewan direksi dan proporsi dewan komisaris independen. Nilai perusahaan diukur dengan Price To Book Value (PBV) dan profitabilitas diukur dengan Return On Equity (ROE). Metode pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan metode purposive sampling, yaitu mengambil sampel berdasarkan kriteria. Dalam penelitian ini menggunakan 208 perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Penelitian ini menggunakan analisis regresi dan analisis path.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa struktur modal (DER) berpengaruh negatif terhadap nilai perusahaan, good corporate governance (GCG) berpengaruh positif terhadap nilai perusahaan, ukuran perusahaan (UP) dan pertumbuhan penjualan (GROWTH) tidak berpengaruh positif terhadap nilai perusahaan. Profitabilitas (ROE) berpengaruh positif terhadap nilai perusahaan. Struktur modal (DER) berpengaruh negatif terhadap profitabilitas. Ukuran perusahaan (UP) tidak berpengaruh positif terhadap profitabilitas. Pertumbuhan penjualan (GROWTH) dan good corporate governance (GCG) berpengaruh positif terhadap profitabilitas. Menurut hasil analisis jalur dan uji sobel test, profitabilitas (ROE) dapat memediasi pengaruh struktur modal (DER), pertumbuhan penjualan (GROWTH) dan good corporate governance (GCG) terhadap nilai perusahaan. Namun, profitabilitas (ROE) tidak dapat mempengaruhi ukuran perusahaan (UP) terhadap nilai perusahaan.
Collections
- Akuntansi [4369]
Related items
Showing items related by title, author, creator and subject.
-
Pengaruh Karakteristik Perusahaan Terhadap Pengungkapan Informasi Perusahaan di Website Perusahaan Manufaktur di Indonesia (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur yang Listing di Bei Tahun 2011-2013)
Viviyanchi (Universitas Islam Indonesia, 2017-03-13)This study aims to analyze the relationship of web disclosure with manufactured company characteristic namely, profitability, public ownership, firm’s size, and manager ownership. The research object is the entire ... -
ANALISIS PENGARUH UKURAN PERUSAHAAN, UMUR PERUSAHAAN, PROFITABILITAS, LEVERAGE, DAN PERTUMBUHAN PERUSAHAAN TERHADAP CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (Studi Empiris Pada Perusahaan yang Terdaftar pada Indeks LQ 45 Indonesia Tahun 2012-2016)
Maulidya Nayahita, 14312124 (Universitas Islam Indonesia, 2018-04-18)Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, menganalisis, dan menguji pengaruh ukuran perusahaan, umur perusahaan, profitabilitas, leverage, dan pertumbuhan perusahaan terhadap corporate social responsibility yang terdaftar ... -
PENGARUH UKURAN PERUSAHAAN, UMUR PERUSAHAAN, KEPEMILIKAN INSTITUSIONAL, DAN KEPEMILIKAN MANAJERIAL TERHADAP KINERJA KEUANGAN PERUSAHAAN (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di BEI pada Periode 2013 – 2017)
Audy Rifchita Putri, 14312401 (Universitas Islam Indonesia, 2019-01-18)Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh ukuran perusahaan, umur perusahaan, kepemilikan manajerial dan kepemilikan institusional terhadap kinerja keuangan perusahaan. Variabel independen dalam penelitian ini ...