Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Penerimaan Pajak Reklame di Kota Yogyakarta Tahun (2000-2015)
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian yang dibuat untuk memperbaruhi dari
penelitian sebelumnya mengenai Faktor-faktor yang berpengaruh terhadap Pajak
Reklame di Kota Yogyakarta. Pajak Reklame salah satu sumber pendapatan pajak
daerah bagi Kota Yogyakarta. Dapat dilihat dari tahun 2000 – 2015 pajak reklame
mengalami peningkatan. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis faktor-faktor yang
mempengaruhi pajak reklame Kota Yogyakarta. Metode yang digunakan adalah
Model Regresi Berganda dengan menggunakan Ordinary Least Square (OLS).
Variabel yang digunakan Pajak Reklame sebagai Variabel Dependent dan Jumlah
Penduduk, PDRB, Jumlah Industri dan Jumlah Wisatawan sebagai variabel
independent.
Hasil uji secara keseluruhan variabel independen ( Jumlah Penduduk, PDRB,
Jumlah Industri dan jumlah wisatawan) bersama-sama dapat menunjukkan
pengaruhnya terhadap Pajak Reklame Kota Yogyakarta. Nilai R-Square sebesar
0.964196 berarti 96.4% menjelaskan variasi keempat variabel independent
mempengaruhi penerimaan Pajak Reklame dan sisanya 3.6% dijelaskan variabel lain.
Berdasarkan Hasil uji parsial yang dilakukan menunjukkan bahwa dari semua
variabel bebas yang terdiri dari Jumlah Penduduk (PDK), PDRB, Jumlah Industri
(ID) dan Jumlah Wisatawan (WST), yang berpengaruh signifikan positif terhadap
pajak rekalame (PJK) adalah Jumlah penduduk (PDK), PDRB, dan Jumlah Industri
(ID). Sedangkan variabel Jumlah Wistawan (WST) tidak berpengaruh terhadap Pajak
Reklame (PJK).
Collections
- Economics [2142]