dc.description.abstract | Pada saat ini kondisi persaingan dalam suatu jaringan sangat ketat karena
perubahan teknologi yang begitu cepat, stabilitas perekonomian dan politik di
Indonesia yang sedang mengalami ketidakpastian, dan banyaknya investor asing
masuk, serta para pesaing baru. Perusahaan sendiri dituntut untuk selalu berinovasi
pada jaman yang semakin modern saat ini. Persaingan tersebut harus mampu
menciptakan jaringan yang bagus agar dapat tercipta keunggulan bersaing dan
kinerja perusahaan dalam terbentuknya Manajemen Rantai Pasokan yang baik.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh praktek manajemen rantai pasokan
terhadap keunggulan bersaing dan kinerja perusahaan.
Penelitian ini akan menguji mengenai praktek manajemen rantai pasokan
terhadap keunggulan bersaing dan kinerja perusahaan pada usaha ritel. Dalam
penelitian ini, ada beberapa perbedaan dari penelitian yang sudah di lakukan
sebelumnya yaitu pada beberapa indikator yang akan di gunakan dalam penelitian
ini. Variabel manajemen rantai pasokan di ukur dari beberapa indikator, yaitu
penggunaan teknologi, kecepatan rantai pasokan, kepuasan pelanggan, integrasi
rantai pasokan, manajemen persediaan. Variabel keunggulan bersaing di ukur dari 4
indikator yaitu, Harga, Kualitas, Time to market, dan pertumbuhan penjualan
sedangkan variabel kinerja perusahaan di ukur dari 2 indikator yaitu, Kinerja
keuangan, dan kinerja operasional. Metode analisis yang di gunakan dalam menguji
hipotisis adalah Structural Equation Modeling (SEM) dengan menggunaan software
AMOS 21.0. Responden dalam penelitian ini sebanyak 100 responden pada usaha
retail di Daerah Istimewa Yogyakarta, hasilnya di temukan bahwa praktek
manajemen rantai pasokan berpengaruh positif terhadap keunggulan bersaing
perusahaan, Keunggulan bersaing berpengaruh positif terhadap kinerja perusahaan,
praktek manajemen rantai pasokan berpengaruh positif terhadap kinerja perusahaan,
praktek manajemen rantai Pasokan berpengaruh positif terhadap kinerja perusahaan
melalui keunggulan bersaing. | id |