ANALISIS STRATEGI PROMOSI KESEHATAN DALAM RANGKA MENINGKATKAN KESADARAN HIDUP SEHAT OLEH RUMAH SAKIT JIWA DAERAH Dr. RM. SOEDJARWADI PROVINSI JAWA TENGAH
Abstract
Salah satu komunikasi yang sangat penting didalam kehidupan manusia adalah komunikasi kesehatan. Tujuan dari adanya komunikasi kesehatan adalah sebagai sarana penyampaian pesan atau informasi mengenai kesehatan didalam kehidupan manusia. Dengan adanya komunikasi kesehatan maka akan membantu untuk memberikan kontribusi dalam promosi kesehatan. Promosi kesehatan membantu masyarakat untuk mengetahui tentang berbagai hal mengenai informasi dan pesan-pesan kesehatan yang ada, masalah kesehatan serta bagaimana menangani masalah kesehatan baik fisik maupun non fisik. Dalam menjalakan promosi kesehatan diperlukan adanya strategi promosi kesehatan untuk membantu dalam mewujudkan kesadaran hidup sehat dimasyarakat.
Penelitian ini dilakukan pada Rumah Sakit Jiwa Daerah Dr. RM. Soedjarwadi Provinsi Jawa Tengah, sebagai salah satu rumah sakit jiwa yang melayani pasien jiwa maupun non jiwa. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan metode studi kasus yaitu menggunakan berbagai sumber data yang dapat digunakan untuk meneliti, menguraikan dan menjelaskan secara komprehensif dari berbagai aspek individu, kelompok, suatu program, organisasi/peristiwa secara sistematis. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini berupa observasi, wawancara, dokumentasi serta penelusuran data online.
Penelitian ini menemukan bahwa tim PKRS Rumah Sakit Jiwa Daerah Dr. RM. Soeedjarwadi Provinsi Jawa Tengah menerapkan strategi promosi kesehatan, pertama dari advokasi dalam bentuk lobi politik (Political Lobbying), seminar dan atau presentasi dan media advokasi. Kedua, dukungan sosial (Social Support) dimana strategi ini disebut sebagai bina suasana atau membina suasana yang kondusif. Bina suasana ini dibagi kedalam tiga bentuk, bina suasana individu, bina suasana kelompok dan bina suasana publik. Ketiga, pemberdayaan masyarakat (Empowerment Community) yang merupakan proses pemberian informasi kepada kelompok, keluarga dan invidu secara terus menerus. Dengan adanya strategi promosi kesehatan, maka akan membantu rumah sakit dalam mewujudkan dan meningkatkan kesadaran kesehatan dalam kehidupan masyarakat.
Communication is one of the important things in human life. One of the most important communication in human life is health communication. The aim of health communication is as a means of delivering messages or information about health in human life. With the existence of health communication it will help to contribute in health promotion. Health promotion helps the public to know about various things about information and messages of health, health problems and how to overcome with physical and non physical health issues. In promoting health promotion, health promotion strategy is needed to help in realizing healthy life awareness in the community.
This study was conducted at region mental hospital Dr. RM. Soedjarwadi Central Java Province, as one of the mental hospitals that serve patients with mental illness and non-life illness. This research uses qualitative research approachal with case study method that is using various data sources that can be used to research, describe and explain comprehensively from various aspects of individual, group, program, organization / event systematically. Data collection methods that used in this study in the form of observation, interviews, documentation and online data tracking.
This study found that PKRS team of region Mental Hospital Dr. RM. Soeedjarwadi Central Java Province implements health promotion strategies, first from advocacy in the form of political lobbying, seminars and / or presentations and media advocacy. Second, social support (Social Support) where the strategy is referred to as the development of atmosphere or foster a conducive atmosphere. Establishment of this atmosphere is divided into three forms, the development of individual atmosphere, community atmosphere development and public atmosphere building. Third, empowerment community (Empowerment Community) which is the process of providing information to the group, family and invidu continuously. With the health promotion strategy, it will help the hospital in realizing and increasing awareness of health in the life of the community.
Collections
- Communication [943]