Show simple item record

dc.contributor.advisorRaden Roro Ratna Roostika, SE, MAC, Ph. D
dc.contributor.authorM. Reza Yusuf, 13311488
dc.date.accessioned2018-02-21T15:58:26Z
dc.date.available2018-02-21T15:58:26Z
dc.date.issued2018-01-02
dc.identifier.urihttps://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/5779
dc.description.abstractEkuitas merek adalah seperangkat aset dan kewajiban merek yang terkait dengan suatu merek,nama dan simbol yang dapat menambah atau mengurangi nilai yang diberikan oleh sebuah produk atau jasa bagi perusahaan dan pelanggan. Ekuitas merek mempunyai empat dimensi merek, yaitu kesadaran merek, asosiasi merek, loyalitas merk dan persepsi kualitas. Dengan adanya ekuitas merek akan membantu pelanggan dalam mengartikan proses informasi terkait produk dan dapat mempengaruhi kepercayaan konsumen saat dalam pengambilan keputusan. Dengan adanya empat elemen akan membentuk juga merek suatu produk yang akan memiliki keunggulan kompetitif dalam perusahaan . Dan membuat konsumen dapat membuat keputusan pembelian setelah mengenal secara keseluruhan merek. Karena jika sebuah merek sudah dekat di benak konsumen, tentunya akan lebih mudah terjadi keputusan pembelian. Tujuan dari penelitian ini adalah ingin mengetahui berapa besar pengaruh ekuitas merek terhadap keputusan pembelian Gudeg “Yu Djum”. Merek mempunyai peran yang penting, karena merek menawarkan berbagai manfaat yang dapat diperoleh bagi pelanggan dan perusahaan. Bahkan merek mempunyai sesuatu yang jauh lebih penting melebihi nama, logo, warna, slogan, atau simbol. Sehingga merek merupakan aset yang sangat penting dan perlu dikelola dengan baik oleh perusahaan. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yang berasal dari kusioner yang disebarkan ke beberapa konsumen. Dengan menggunakan metode populasi non probability sampling, sehingga sampel data responden yang diambil sebanyak 150 konsumen Gudeg “Yu Djum”. Hasil dari penelitian ini adalah bahwa variabel ekuitas merek mempunyai pengaruh yang positif terhadap keputusan pembelian. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, maka dapat ditarik kesimpulanya dari hasil analisis dan pembahasan yang sebagai berikut: 1) Variabel independen kesadaran merek memiliki pengaruh positif signifikan terhadap variabel dependen yaitu keputusan pembelian, 2) Variabel independen persepsi kualitas memiliki pengaruh positif signifikan terhadap variabel dependen yaitu keputusan pembelian, 3) Variabel independen loyalitas merek memiliki pengaruh positif signifikan terhadap variabel dependen yaitu keputusan pembelian. Hanya asosiasi merek yang tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusn pembelian. Brand equity is an asset and brand liability linked to a brand, name, and symbol that may both increase and decrease the value given by a product or service provided for companies or costumers. Brand equity has four brand dimensions, which are brand awareness, brand associations, brand loyalty and perceived quality. Brand equity may help the costumers in defining information process related to product and it also may affect consumers trust in taking decision. The four elements will also create a product brand that may have a competitive advantage in a company. In addition, the costumers are also able to take a decision in buying a product after knowing the whole brand. It is because if the consumers have been already familiar with the brand, so it must be easier for them to take a decision in buying the product. The objective of this research is to find the effect of brand equity on the decision in buying Gudeg “Yu Djum”. Brand equity has an important role because it offers various benefits that can be obtained by the costumers and companies. Brand, even has something more significant than name, logo, color, or symbol. Therefore, brand is considered as an important asset that must be managed properly by the company. Data used in this research was primary data collected from questionnaire distributed to several costumers. By using non-probability sampling, the researcher selected 150 costumers of Gudeg “Yu Djum”. The result shows that variable of brand equity provides positive effect on the decision in buying Gudeg “Yu Djum”. Based on the research that has been done and the results of the analysis and discussion, it can be conluded that: 1) independent variable, which is brand awareness has significant positive effect on the dependent variable that is buying decision, 2) Independent variable, which is quality perception has significant positive effect on the dependent variable that is buying decision, 3) Independent variable, which is brand loyalty has significant positive effect on the dependent variable that is buying decision. Brand associations is the only independent having no significant effect on buying decisions.en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectEkuitas mereken_US
dc.subjectKeputusan pembelianen_US
dc.subjectBrand equityen_US
dc.subjectBuying decisionen_US
dc.titlePENGARUH EKUITAS MEREK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN (STUDI KASUS: GUDEG “YU DJUM” di YOGYAKARTA)en_US
dc.typeUndergraduate Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record