Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pengungkapan Islamic Social Reporting pada Perusahaan Berbasis Syariah yang Terdaftar di Jakarta Islamic Index Tahun 2013-2014
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi pengungkapan Islamic Social Reporting (ISR) pada perusahaan berbasis syariah yang terdaftar di Jakarta Islamic Index (JII) tahun 2013-2014. ISR merupakan indeks pengungkapan tanggung jawab sosial yang indikatornya sejalan dengan prinsip-prinsip Islam. JII merupakan salah satu panduan investasi bagi reksadana syariah untuk menempatkan dana bagi investor Muslim untuk berinvestasi pada efek syariah. Dengan menggunakan JII sebagai perusahaan sampel, penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi tingkat pengungkapan ISR. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini adalah ukuran perusahaan, profitabilitas, dan umur perusahaan. Data yang digunakan dalam penelitian ini berupa laporan tahunan tiap perusahaan yang diperoleh melalui Bursa Efek Indonesia dan hipotesis diuji menggunakan regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa
profitabilitas mempunyai pengaruh positif signifikan terhadap tingkat pengungkapan ISR. Akan tetapi, ukuran perusahaan dan umur perusahaan tidak memiliki pengaruh yang signifikan dalam tingkat pengungkapan ISR.
Collections
- Management [4527]