PENGARUH KONTROL PERILAKU, NORMA SUBJEKTIF, DAN STRATEGI PENGHARGAAN TERHADAP KEPATUHAN PERPAJAKAN PADA UMKM DENGAN KESADARAN WAJIB PAJAK SEBAGAI VARIABEL INTERVENING
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh kontol perilaku, norma subjekti, dan strategi penghargaan terhadap kepatuhan perpajakan pada UMKM dengan kesadaran wajib wajib pajak sebagai variabel intervening. Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah sebanyak 150 sampel dan metode penentuan sampel yaitu dengan purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan metode kuesioner. Penelitian ini dilakukan menggunakan path analysis dengan alat bantu SmartPLS 2.0. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kontrol perilaku, norma subjektif, dan strategi penghargaan berpengaruh positif terhadap kesadaran wajib pajak serta kesadaran wajib pajak berpengaruh positif terhadap kepatuhan perpajakan.
The purpose of this study to analyse influence of behavior control, subjective norm, and reward strategy toward compliance tax on small businesses with awarenessof taxpayers as intervening variable. The sample used in this study were 150 responden and the sampling method is using purposive sampling. Data was collected by questionnaire method. This study using path analysis with SmartPLS 2.0. The result of this study that the behavior control, subjective norm, and reward strategy have positive effect on awareness of taxpayers and awareness of taxpayers has positive effect on compliance tax.
Collections
- Akuntansi [4426]