Show simple item record

dc.contributor.advisorProf. Dr. Maragustam, MA
dc.contributor.authorZulpendi
dc.date.accessioned2018-01-04T09:37:33Z
dc.date.available2018-01-04T09:37:33Z
dc.date.issued2017-05-03
dc.identifier.urihttps://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/5076
dc.description.abstractNurcholish Madjid merupakan salah satu tokoh pembaharuan di Indonesia. Dengan kecerdasannya Ia telah melontarkan ide, konsep dan pemikiran Islam dalam upaya menatap masa depan bangsa Indonesia. Latar belakang tesis ini adalah kurangnya penghayatan terhadap pandangan-pandangan filosofis bagi penyelenggaraan pendidikan Islam. Sehingga beroriantasikan kepada yang tidak idealis atau pragmatis, ketidakmampuan peserta didik menghadapi tantangan hidupnya, serta membentuk paradigma yang salah bahwa pendidikan Islam sebagai pencetak pekerja saja. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan (library research) menggunakan pendekatan (historis filisofis). yaitu pengumpulan data dan informasi dengan bantuan berbagai literatur perpustakaan, seperti buku-buku, ensiklopedi, biografi dan lain-lainnya. Data-data yang terkumpulkan dianalisis dengan menggunakan metode analisis data sekunder yang terdiri dari tiga kegiatan pokok yaitu: reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan dengan menggali makna sedalam-dalamnya secara sistematis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemikiran pendidikan Nurcholish Madjid merupakan pemikiran religius rasionalis yakni kecenderungan bersifat rasional-filosofis. Terlihat pada pemikiran atau gagasannya tentang modernisasi, Nurcholish Madjid berupaya memahami ajaran-ajaran dan nilai-nilai yang terkandung dalam Al-qur'an dan Hadits, dengan melihat tantangan sosio-historis dan kultural yang dihadapi oleh masyarakat muslim kontemporer. Dari hal tersebut maka, harus ada pengembangan penjelasan isi materi-materi pendidikan Islam agar pendidikan Islam bersifat progresif dan dinamis, serta mampu menjawab problem yang dihadapi masyarakat, dan tidak terjebak pada dikotomi pendidikan Islam. Kontribusi pemikiran Nurcholish Madjid terhadap pendidikan Islam di Indonesia di manifestasikan dalam tiga hal yakni nondikotomi dalam pendidikan, modernisasi pendidikan Islam dan Islam progresif.en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaid
dc.subjectKontribusi Pemikiranid
dc.subjectNurcholish Madjidid
dc.subjectPendidikan Islamid
dc.titlePemikiran Pendidikan Nurcholish Madjid dan Kontribusinya Terhadap Pendidikan Islam di Indonesiaid
dc.typeUndergraduate Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record