Pengaruh Kemampuan Keterlibatan Pelanggan Terhadap Kinerja Perusahaan Jasa Melalui Peran Mediasi Inovasi Produk dan Inovasi Proses (Studi Pada UMKM di Daerah Istimewa Yogyakarta)
Abstract
Penelitian ini berjudul “Kemampuan Keterlibatan Pelanggan Terhadap Kinerja Perusahaan
Jasa Melalui Peran Mediasi Inovasi Produk dan Inovasi Proses Studi Pada UMKM di Daerah
Istimewa Yogyakarta”. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh positif kemampuan
keterlibatan Pelanggan, menguji pengaruh positif inovasi produk dan inovasi proses dalam
memediasi kemampuan keterlibatan pelanggan terhadap kinerja perusahaan jasa. Pengambilan
sampel data pada penelitian ini berjumlah 100 responden yang diambil dari para pelaku usaha
UMKM di bidang jasa yang berada di Daerah Istimewa Yogyakarta. Dalam penelitian ini alat
uji analisis menggunakan SEM. Hasil uji dan analisis data pada penelitian ini ditemukan bahwa
adanya pengaruh positif dari kemampuan keterlibatan pelanggan terhadap kinerja perusahaan
jasa dan inovasi produk serta inovasi proses dapat memediasi antara kemampuan keterlibatan
pelanggan dengan kinerja perusahaan jasa pada UMKM di Daerah Istimewa Yogyakarta.
Collections
- Management [4703]