Penerapan Spatial Autoregressive Model (Sar) untuk Pemodelan Angka Partisipasi Murni (Apm) Jenjang Sma Sederajat di Sulawesi Selatan Tahun 2015
Abstract
Pendidikan merupakan suatu elemen yang sangat penting dalam
perkembangan suatu bangsa. Salah satu upaya untuk melihat perkembangan
pendidikan adalah dengan dengan melihat Angka Partisipasi Murni (APM).
Untuk meningkatkan APM maka yang harus dilakukan adalah menentukan faktorfaktor
yang berpengaruh terhadap APM. Regresi spasial merupakan metode yang
digunakan untuk mengetahui pengaruh variabel prediktor terhadap variabel
respon yang memperhatikanpengaruh lokasi pengamatan. Dari hasil analisis
diketahui faktor yang berpengaruh secara signifikan terhadap Angka Partisipasi
Murni (APM) jenjang SMA sederajat di Sulawesi Selatan tahun 2015 berdasarkan
pendekatan regresi linear berganda dan regresi spasial adalah: Rasio murid
terhadap guru(X2), Angka kemiskinan(X6), dan Angka buta huruf(X7). Model SAR
lebih baik digunakan daam pemodelanAPM jenjang SMA sederajat di Sulawesi
Selatantahun 2015 dibandingkan model OLS. Hal ini dibuktikan dengan nilai R2
yang dihasilkan oleh SAR lebih besar dan nilai jumlah kuadrat eror model
SARlebih kecil dibandingkan model OLS.
Collections
- Statistics [899]