Social Media Marketing pada Kopi Klotok Yogyakarta (Studi Empiris Pada Instagram Kopi Klotok)
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengevaluasi dan menganalisis berbagai faktor
yang mempengaruhi aktivitas pemasaran media sosial, kesadaran merek, citra merek,
e-word of mouth, dan komitmen. Pengujian model dan hipotesis dilakukan dengan
sampel 225 orang yang merupakan konsumen kopi klotok di Yogyakarta. Purposive
sampling adalah metode pengambilan sampel yang digunakan. Metode Structural
Equation Modeling (SEM) digunakan untuk mengevaluasi hipotesis penelitian yang
diproses dengan Partial Least Square (PLS) versi 3.0.
Penelitian ini menggunakan enam hipotesis sebagai variabel data: aktivitas pemasaran
media sosial, kesadaran merek, citra merek, e-word of mouth, dan komitmen. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa kesadaran merek dan citra merek meningkat sebagai
akibat dari aktivitas pemasaran media sosial. Kesadaran merek dan citra merek
berdampak positif pada Electronic Word of Mouth dan Komitmen.
Collections
- Management [4703]