dc.description.abstract | Penelitian ini dilakukan dengan tujuan mengetahui bagaimana motivasi
belanja hedonis konsumen serta untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan
motivasi belanja hedonis konsumen terhadap keputusan pembelian berdasarkan
karakteristik pendapatan, umur, pendidikan dan pekerjaan, jenis kelamin, gaya
hidup.
Subyek dalam penelitian ini adalah konsumen di Pusat Perbelanjaan
Galeria Yogyakarta. Jenis penelitian ini bersifat kuantitatif dengan teknik
pengumpulan data dengan menggunakan observasi dan angket pada responden.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa analisis regresi sederhana
membuktikan adanya pengaruh yang signifikan motivasi belanja hedonis terhadap
keputusan pembelian pada konsumen Pusat Perbelanjaan Galeria Yogyakarta dan
uji Chi square menunjukkan bahwa kebenaran hipotesis yang menyatakan adanya
perbedaan motivasi belanja hedonis yang signifikan antar kategori karakteristik
responden hanya terbukti kebenarannya secara empiris pada karakteristik jenis
kelamin, umur, pekerjaan, pendapatan dan gaya hidup. Sedangkan perbedaan
motivasi belanja hedonis yang signifikan antar jenjang pendidikan tidak terbukti. | en_US |