Perancangan Meja dan Kursi Perpustakaan yang Ergonomis Peserta Didik Tingkat SMA di Kabupaten Pemalang Jawa Tengah
Abstract
Sarana dan prasarana yang ada di sekolah berpengaruh terhadap minat baca dan
kualitas belajar peserta didik sehingga perlu dilakukan pengembangan dan
perbaikan terhadap faktor tersebut. Dalam penelitian ini dilakukan rancangan
perbaikan terhadap meja dan kursi perpustakaan. Responden dalam penelitian ini
yang bertujuan untuk diperolehnya kebutuhan konsumen adalah 100 peserta didik
tingkat SMA di Kabupaten Pemalang, Provinsi Jawa Tengah. Metode analisis data
yang digunakan adalah Metode Axiomatic Design (AD), dimana AD adalah
metode yang fokus dalam pengolahan kebutuhan konsumen menjadi sebuah
rancangan usulan. Adapun kesimpulan dari penilitian ini adalah: dari hasil
validasi diperoleh 4 kebutuhan konsumen yaitu, fleksibel, aman dan nyaman, kuat
dan estetis; perbaikan rancangan yang dilakukan yaitu; untuk meja, Ruang gerak
lebih luas, sebagai tempat baca & tulis, penyimpanan buku dan alat tulis,
perbaikan sandaran kaki meja, banyak fungsi, bantalan punggun meja untuk
menghindari goresan pada tembok/ dinding, ruang gerak kaki meja luas, bahan
lebih awet dan ringan, perbaikan estetika meja, rebih minimalis, dan Mudah
dipindahkan; untuk kursi, perbaikan pola sandaran dan penambahan bahan
sandaran, perubahan bahan dudukan kursi, bahan lebih awet, perbaikan estetika
dan sandaran lebih lentur.