Perlindungan Hukum Terhadap Merek Terdaftar di Indonesia (Studi Kasus Putusan Nomor 6/Pdt.Sus-HKI/Merek/2020/PN Niaga Smg dan Putusan Nomor 30/Pdt.Sus- Merek/2020/PN.Niaga.Jkt.Pst)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perlindunngan hukum terhadap merek
terdaftar dan akibat hukum setelah adanya putusan pengadilan. Penelitian ini memuat
studi kasus sengketa merek Tempo Gelato Yogyakarta dengan putusan Nomor
6/Pdt.Sus-HKI/Merek/2020/PN Niaga Smg dan kasus sengketa merek “Strong”
antara Orang Tua (Hardwood Private Limited) melawan Unilever dengan putusan
Nomor 30/Pdt.Sus-Merek/2020/PN.Niaga.Jkt.Pst. Penelitian dalam skripsi ini
merupakan penelitian hukum normatif dengan pendekatan perundang-undangan,
pendekatan konseptual dan pendekatan kasus. Data yang diperoleh melalui studi
pustaka dan studi dokumen. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa sistem
perlindungan merek di Indonesia menganut sistem first to file, artinya pendaftar
pertama yang akan mendapatkan perlindungan hukum. Akibat hukum setelah adanya
putusan pengadilan pada kasus Tempo Gelato Yogyakarta yaitu merek pihak Rudy
Festraets harus dicoret atau dihapus dari daftar merek, pada kasus Hardwood Private
Limited dan Unilever yaitu masing-masing pihak sudah mendapatkan hak ekslusif
pada produknya.
Collections
- Law [2504]
Related items
Showing items related by title, author, creator and subject.
-
Analisis Pengaruh Keakraban Merek, Merek Kesukaan, Merek Kepercayaan dan Negara Asal Merek Terhadap Minat Beli Pelanggan Sepatu Merek Nike (Studi Kasus Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi UII)
Indriani, Riza Amalia (UII Yogyakarta, 2015-08-20)Di era global ini semakin tinggi tingkat persaingan bisnis. Hal ini memaksa perusahaan untuk bisa lebih mengembangkan dan memasarkan produk mereka agar mampu mempertahankan produknya serta memenangkan persaingan. Diikuti ... -
PENGARUH ASOSIASI MEREK, LOYALITAS MEREK, KESADARAN MEREK, DAN CITRA MEREK TERHADAP EKUITAS MEREK PADA PRIVATE LABEL FASHION DARING
Yudistira Dimas Adiputra, 14311216 (Universitas Islam Indonesia, 2018-08-10)Ekuitas merek merupakan aspek penting yang ada dalam pemasaran. Terdapat beberapa indikator yang dapat berpengaruh terhada ekuitas merek yaitu asosiasi merek, loyalitas merek, kesadaran merek, dan citra merek. Tujuan dari ... -
Pengaruh Asosiasi Merek, Kesetiaan Merek, Kesadaran Merek, Dan Citra Merek Terhadap Ekuitas Merek Mie Instan Indomie Pada Mahasiswa Strata 1 Yang Merantau Di Yogyakarta
DENI SAPUTRA (Universitas Islam Indonesia, 2021-04-21)Tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui dimensi Ekuitas Merek yang mempengaruhi Ekuitas Merek mie instan Indomie pada mahasiswa strata 1 yang merantau di Yogyakarta. Signal detection theory dapat mendeteksi ...