Show simple item record

dc.contributor.advisorRahmani Timorita Yulianti
dc.contributor.authorImronah, ‘Ainul
dc.date.accessioned2018-01-03T14:33:15Z
dc.date.available2018-01-03T14:33:15Z
dc.date.issued2017-05-22
dc.identifier.urihttps://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/5050
dc.description.abstractPasar merupakan area tempat jual beli barang dengan jumlah penjual lebih dari satu baik yang disebut sebagai pusat perbelanjaan, pasar tradisional, pertokoan, mall, pusat perdagangan maupun sebutan lainnya. Perilaku menyimpang sering kali ditemukan di pasar tradisional Oleh karena itu, etika bisnis Islam sangat berperan dalam mengatur perilaku para pedagang. Sehubungan dengan hal tersebut, penulis memilih pasar Gede Cilacap sebagai objek alasannya karena penulis melihat adanya perilaku pedagang yang tidak sesuai dengan apa yang telah diterapkan dalam etika bisnis Islam. Fokus pembahasan dan pertanyaan penelitian ini adalah pertama tentang pemahaman pedagang muslim pasar Gede Cilacap mengenai etika bisnis Islam. Kedua tentang perilaku pedagang muslim pasar Gede Cilacap perspektif etika bisnis Islam. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research). Dalam pengumpulan data peneliti menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif analisis. Berdasarkan hasil penelitian menyatakan: Pertama pemahaman pedagang muslim di pasar Gede Cilacap mengenai etika bisnis Islam disimpulkan bahwa para pedagang tidak mengetahui etika bisnis Islam. Akan tetapi, dalam melaksanakan transaksi jual beli mereka menggunakan aturan yang telah diatur oleh agama Islam dan memahami indikator etika bisnis islami. Kedua perilaku pedagang muslim di pasar Gede Cilacap telah sesuai dengan etika bisnis Islam yang meliputi, tidak melupakan ibadah shalat wajib, berdo’a dan bersedekah, adil atau seimbang dalam menimbang atau menakar dan tidak menyembunyikan cacat, memberikan kebebasan kepada penjual baru dan tidak memaksa pembeli, menepati janji dan bertanggungjawab atas kualitas barang, bersikap ramah tamah dalam melayani dan bermurah hati dengan memberi waktu tenggang pembayaran. Namun, sebagian perilaku pedagang ada yang tidak sesuai dengan etika bisnis Islam yaitu lalai dalam menjalankan ibadah shalat wajib ketika melakukan transaksi jual beli, tidak bersikap ramah kepada pembeli dan tidak memberikan waktu tenggang pembayaran.id
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaid
dc.subjectPerilakuid
dc.subjectPedagang Muslimid
dc.subjectPasar Gede Cilacapid
dc.subjectEtika Bisnis Islamid
dc.titlePerilaku Pedagang Muslim Pasar Gede Cilacap Jawa Tengah Perspektif Etika Bisnis Islamid
dc.typeThesisen_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record