Implementasi Program supervisi Akademikdi Madrasah Tsanawiyah Se-kecamatan Dlingo Bantul Yogyakarta
Abstract
Salah satu masalah pembelajaran yang dihadapi guru adalah rendahnya kualitas mengajar akibat rendahnya pelaksanaan program supervisor dalam melakukan pembinaan kepada guru.Supervisi akademik merupakan suatu program yang dilaksanakan untuk membantuguru dalam memperbaiki dan mengembangkan kompetensinya dalammengelola prosespembelajaran.Fokus kajian dalam penelitian ini adalah “Implementasi programsupervisi akademik di Madrasah Tsanawiyah se-Kecamatan Dlingo Bantul Yogyakarta”.
Penelitian ini termasuk jenis penelititan deskriptif, dengan pendekatan kualitatif.Penelitian dilakukan di Madrasah Tsanawiyah se-Kecamatan Dlingo.Informan penelitian adalah Pengawas Madrasah Tsanawiyah yang bertugas di wilayah kecamatan Dlingo, Kepala Madrasah dan guru.Peneliti memperoleh data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi.Untuk mempertahankan tingkat keabsahan data, dipergunakan uji kredibilitas dan konfirmability.Adapun aktivitas dalam analisis data meliputi kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan serta verifikasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi program supervisi akademikdi Madrasah Tsanawiyah se-Kecamatan Dlingo Bantul Yogyakarta dilaksanakan melalui: (1) penyusunan program pengawasan; (2)pelaksanaan program pengawasan, (3) evaluasi hasil pelaksanaan program pengawasan; dan (4) membimbing dan melatih profesional guru. Dalam mengimplementasikan program pengawasan, pengawas bekerjasama dengan kepala madrasah dan guru senior dalam pelaksanaan program pengawasan.