dc.description.abstract | GuruInovatif.id merupakan sebuah perusahaan start-up (rintisan)
yang bergerak dibidang jasa. Perusahaan ini menyediakan pelatihan online
maupun offline bagi para guru di Indonesia untuk mengembangkan
kompetensinya di dunia pendidikan. Pandemi Covid-19 merupakan salah
satu faktor yang menyebabkan lahirnya GuruInovatif.id. Perubahan-
perubahan termasuk kebijakan pemerintah yang adaptif mendorong
GuruInovatif.id untuk terus inovatif dan kreatif agar tetap survive didunia
bisnis saat ini. Melalui analisis peran bauran pemasaran, GuruInovatif.id
menciptakan strategi baru bernama Tour Nasional GuruInovatif.id 2022.
Salah satu faktor terciptanya strategi ini adalah akibat kebijakan pemerintah
yang mengharuskan pembelajaran di Indonesia kembali dilaksanakan secara
offline atau tatap muka. Penelitian ini tergolong kedalam penelitian kualitatif,
dimana proses pengambilan data dilakukan melalui observasi, Focus Group
Disccusion (FGD), serta keterlibatan langsung penulis sebagai peserta
magang pada Tim Sales Marketing GuruInovatif.id. Dalam penelitian ini
penulis memaparkan mengenai peran bauran pemasaran dalam
GuruInovatif.id serta bagaimana pengaruh bauran pemasaran terhadap
pendapatan dan kenaikan customer engagement pada media sosial
GuruInovatif.id. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa bauran
pemasaran berperan penting sehingga memberikan dampak positif terhadap
pendapatan perusahaan, kenaikan penjualan terlihat dari meningkatnya
jumlah pengguna baru di platform, sedangkan dari sisi media sosial juga
mengalami kenaikan pada engagement instagram dan jumlah pengikut
instagram. | en_US |