Show simple item record

dc.contributor.advisorProf. Drs. Sarbiran, M. Ed., Ph. D.
dc.contributor.authorMuntadziroh, Muntadziroh
dc.date.accessioned2018-01-03T11:04:37Z
dc.date.available2018-01-03T11:04:37Z
dc.date.issued2017-05-03
dc.identifier.urihttps://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/5032
dc.description.abstractPengawas PAI sebagai tenaga kependidikan mempunyai peran yang sangat strategis di dalam meningkatkan kualitas Pendidikan Agama Islam di sekolah melalui pembinaan dan pengawasan dibidang akademik. Disamping itu faktor penentu keberhasilan dalam pengelolaan proses pendidikan adalah profesionalitas guru. Untuk itu, diperlukan pembinaan yang kontinyu dengan program-program yang terarah dan sistematis bagi guru melalui supervisi pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk memgungkap kontribusi pengawas dan profesionalitas guru PAI terhadap kualitas pembelajaran Agama Islam di SMP se-Kota Fakfak. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif menggunakan pendekatan korelasional dengan variabel terikat Kualitas Pembelajaran PAI dan variabel bebasnya Pengawas dan Profesionalitas Guru PAI. Populasi dalam penelitian ini aalah guru PAI yang berjumlah 5 orang dan siswa yang berjumlah 700 orang. Sampel dalam penelitian ini adalah guru yang berjumlah 5 orang dan siswa yang berjumlah 233 orang yang diambul dengan teknik random sampling. Instrumen pengumpulan data yang digunakan berupa angket. Data dianalisis menggunakan analisis chi square (χ2). Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Kontribusi Pengawas terhadap Kualitas Pembelajaran Agama Islam di SMP se-Kota Fakfak sangat kecil. Besarnya kontribusi Pengawas terhadap Kualitas Pembelajaran Agama Islam di SMP se-Kota Fakfak16,6%. Artinya Pengawas tidak berkontribusi dalam meningkatkan Kualitas Pembelajaran Agama Islam di SMP se-Kota Fakfak. 2) Kontribusi Profesionalitas Guru PAI terhadap Kualitas Pembelajaran Agama Islam di SMP se-Kota Fakfak sangat besar. Besarnya Kontribusi Profesionalitas Guru PAI terhadap Kualitas Pembelajaran Agama Islam di SMP se-Kota Fakfak sebesar 89,9%. Artinya semakin tinggi profesionalitas guru PAI maka akan semakin besar pula Kualitas Pembelajaran Agama Islam di SMP se-Kota Fakfak. 3) Kualitas pembelajaran Agama Islam di SMP se-Kota Fakfak dalam kategori tinggi dengan nilai rata-rata 81,99. Artinya kualitas pembelajaran Agama Islam di SMP Se-Kota Fakfak sudah bagus.id
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaid
dc.subjectsupervisorsen_US
dc.subjectteacher's professionalismen_US
dc.subjectIslamic education learning qualityen_US
dc.titleKontribusi Pengawas dan Profesionalitas Guru PAI terhadap Kualitas Pembelajaran Agama Islam di SMP Se-Kota Fakfakid
dc.typeThesisen_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record