Pengaruh Atribut Produk Private Label Indomaret dan Citra toko terhadap Nilai yang Diterima Konsumen, Kepercayaan dan Minat Pembelian Ulang pada Generasi Y dan Z
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh atribut produk (product
attributes) private label Indomaret, citra toko (store image), terhadap nilai yang diterima
konsumen (perceived value), kepercayaan (trust) dan minat pembelian ulang (repurchase
intention). Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kuantitatif. Jumlah responden
yang dijadikan sampel dalam penelitian ini ialah sebanyak 298 orang melalui pengisian
kuesioner online yaitu Google Form. Analisis yang dilakukan yaitu menggunakan
structural equation modeling (SEM) yang diolah menggunakan program pengolahan
AMOS 24.0.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat tiga hipotesis yang tidak terdukung
dan enam hipotesis terdukung. Hasilnya adalah nilai yang diterima konsumen memiliki
pengaruh positif namun tidak signifikan terhadap minat pembelian ulang produk serta
berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepercayaan, dimana sekaligus mendukung
adanya equity theory. Citra toko memiliki pengarih positif dan signifikan terhadap minat
pembelian ulang, kepercayaan serta nilai yang diterima konsumen. Untuk variabel atribut
produk, berpengaruh positif namun tidak signifikan terhadap minat pembelian ulang dan
nilai yang diterima konsumen namun berpengaruh positif dan signifikan terhadap
kepercayaan.
Collections
- Master of Management [425]