Show simple item record

dc.contributor.authorPrameswari, Andyra
dc.date.accessioned2024-06-13T07:02:26Z
dc.date.available2024-06-13T07:02:26Z
dc.date.issued2024
dc.identifier.uridspace.uii.ac.id/123456789/50021
dc.description.abstractTikTok merupakan salah satu media sosial yang banyak digunakan dan menjadi peringkat pertama berdasarkan waktu rata-rata yang dihabiskan oleh pengguna di seluruh dunia, yakni 23,5 jam per-bulannya. Keberadaan media sosial, terutama TikTok inilah yang kemudian dimanfaatkan oleh penggemar K-Pop di Indonesia untuk mencari informasi terbaru seputar idolanya, bahkan turut memproduksi konten-konten K-Pop dengan tujuan memperkenalkan grup yang mereka gemari kepada para pengguna TikTok lainnya. Hal tersebut yang kemudian menjadi dasar terjadinya proses interaksi parasosial yang tanpa disadari dapat terjadi saat penggemar melihat, memikirkan, merasakan, dan melakukan segala aktivitas dari grup K-Pop yang diidolakan. Penelitian ini bermaksud untuk memperlihatkan interaksi parasosial yang dilakukan oleh penggemar K-Pop dari empat fandom berbeda ketika menggunakan TikTok. Penelitian kualitatif ini menggunakan metode wawancara mendalam dengan mengambil sampel sesuai pada kriteria-kriteria yang telah ditentukan (purposive sampling). Analisis ini dilakukan dengan mengacu pada teori klasifikasi respon interaksi parasosial secara psikologis yang melibatkan pemikiran (kognitif), perasaan (afektif), dan perilaku. Berdasarkan tiga klasifikasi respon yang telah dianalisis, didapatkan kesimpulan bahwa meskipun empat informan berasal dari fandom K-Pop yang berbeda-beda, namun proses mereka melakukan interaksi parasosial di TikTok hampir serupa, meskipun dengan pengalaman yang berbeda-beda. Pada klasifikasi respon kognitif, proses interaksi parasosial dengan tingkatan tertinggi yang dialami oleh keempat informan adalah Construction of Relations between Persona and Self; respon afektif dengan proses Empathy/Counter Empathy, dan respon perilaku melalui proses Non-verbal Behavior.en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectTikToken_US
dc.subjectFandomen_US
dc.subjectPenggemaren_US
dc.subjectInteraksi Parasosialen_US
dc.subjectK-popen_US
dc.titleAnalisis Interaksi Parasosial Penggemar K-pop dalam Penggunaan Media Sosial Tiktoken_US
dc.typeThesisen_US
dc.Identifier.NIM20321087


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record