dc.description.abstract | Membangun eksistensi di industri mebel, CV Orcard Collection, sebuah
perusahaan yang berfokus pada produksi mebel kayu dan rotan, telah menghadapi
berbagai tantangan dalam mengikuti dinamika pasar yang berubah cepat. Sehingga
perlu adanya analisis mendalam mengenai strategi pemasaran yang diterapkan oleh
CV Orchard Collection guna mempertahankan dan meningkatkan pangsa pasar.
Maka dari itu, riset ini diselenggarakan dengan tujuan untuk menganalisa strategi
pemasaran melalui Segmentasi, Targeting, dan Positioning (STP) yang diterapkan
oleh CV Orcard Collection serta menganalisis elemen bauran pemasaran 7P
(Product, Price, Place, Promotion, People, Process, dan Physical Evidence) yang
digunakan CV Orchard Collection dalam mempertahankan usaha furniture pada
masa peralihan pandemi ke endemi Covid-19.
Hasil analisis STP menunjukkan bahwa CV Orcard Collection berhasil
mengidentifikasi segmen pasar yang relevan dan menentukan target pasar yang
tepat, serta memposisikan diri sebagai penyedia produk mebel kayu dan rotan
dengan kualitas unggul. Dalam konteks elemen pemasaran 7P, perusahaan telah
mempertimbangkan aspek-aspek seperti kualitas produk, penetapan harga yang
sesuai, strategi distribusi yang efektif, promosi yang tepat, serta perhatian terhadap
pelayanan pelanggan dan proses produksi.
Kesimpulan dari hasil analisis bahwa CV Orcard Collection telah
menerapkan strategi pemasaran yang efektif dengan pendekatan STP, terfokus pada
segmentasi pasar berdasarkan geografis, dan psikografis konsumen. Dengan
menargetkan pemilik usaha properti dan pelaku bisnis, serta memposisikan diri
melalui tagline "3T", perusahaan berhasil mempertahankan keberlanjutan bisnis.
Dalam konteks 7P, CV Orcard Collection menonjolkan produk unggulannya,
menetapkan harga dengan formula yang disesuaikan, dan memanfaatkan lokasi
fisik strategis, upaya promosi difokuskan pada pemasaran digital, membangun
hubungan positif dengan konsumen, memastikan proses produksi sesuai tagline dan
menjaga reputasi sebagai perusahaan produsen mebel berkualitas tinggi.
Maka dari itu, riset ini bisa menjadi saran yang membangun untuk CV
Orcard Collection terus memperbarui segmentasi pasar dan diversifikasi target
pasar, menjaga konsistensi kualitas produk, serta memanfaatkan distribusi lokal dan
platform online, sambil meningkatkan visibilitas melalui media sosial, layanan
pelanggan, dan efisiensi proses produksi, serta memperkuat branding dan fasilitas
pendukung untuk meningkatkan persepsi konsumen dan daya saing perusahaan. | en_US |