Implementasi Aplikasi PLN Mobile dalam membantu Aktivitas Pemasaran Pada PT PLN (Persero) ULP Kalasan
Abstract
Kegiatan magang merupakan salah satu alternatif yang dapat dipilih sebagai syarat
untuk menempuh tugas akhir program Strata-1 di Fakultas Bisnis dan Ekonomi.
Tugas akhir magang ini ditulis oleh penulis dengan mengkaji salah satu badan usaha
milik negara (BUMN) yaitu PT. PLN (Persero) khususnya pada Unit Layanan
Pelanggan (ULP) Kalasan. PT. PLN (Persero) merupakan BUMN Indonesia yang
bergerak dalam jasa ketenagalistrikan. PT. PLN (Persero) ULP Kalasan tempat
penulis melaksanakan kegiatan magang merupakan salah satu sub-unit dari UP3
Yogyakarta. Perusahaan ini memiliki beberapa divisi atau segmen penting yang
saling terintegrasi demi memberikan pelayanan terbaik bagi pelanggan, salah
satunya yaitu divisi pelayanan pelanggan dan administrasi. Divisi pelayanan
pelanggan dan administrasi merupakan barisan terdepan perusahaan dalam
melayani pelanggan. Oleh karena itu dalam pelaksanaanya perlu untuk
memperhatikan segala hal terkait dengan pelanggan untuk menciptakan hubungan
yang baik dengan pelanggan. Perusahaan perlu untuk meningkatkan dan
mempertahankan pelayanannya agar pelanggan bersedia untuk berhubungan
dengan perusahaan dan menggunakan pelayanan perusahaan sehingga perusahaan
dapat terus sehat dan berkembang. Dari permasalahan tersebut maka penulis ingin
menganalisis mengenai pelayanan perusahaan dalam meningkatkan penjualan
dengan layanan yang memudahkan pelanggan dan perusahaan.
Pelaksanaan magang dilakukan selama empat bulan dimulai sejak tanggal 27
Februari 2023 sampai 27 Juni 2023. Tugas akhir magang disusun oleh penulis
dengan metode kualitatif. Pengambilan data dilakukan dengan cara observasi
selama penulis melakukan kegiatan magang. Pada kesempatan magang ini penulis
mendapatkan berbagai pengalaman seperti team work, public speaking, soft skills,
dan hard skills.
Perushaan khususnya pelayanan pelanggan melakukan berbagai inovasi salah
satunya layanan pelanggan dalam bentuk Aplikasi PLN Mobile untuk
mempermudah pelanggan dan perusahaan selalu terhubung. Faktor pendorong bagi
penulis untuk melakukan kegiatan magang adalah keinginan penulis untuk
berkembang dan belajar melalui pengalaman nyata di suatu perusahaan. Kepada
mahasiswa yang akan melakukan magang dapat lebih ikhlas dan mengambil
hikmah selama kegiatan magang berlangsung.
Collections
- Management [4703]