dc.contributor.author | Wijaya, Sifa Sahdani | |
dc.date.accessioned | 2024-06-04T06:55:01Z | |
dc.date.available | 2024-06-04T06:55:01Z | |
dc.date.issued | 2024 | |
dc.identifier.uri | dspace.uii.ac.id/123456789/49839 | |
dc.description.abstract | Evolusi teknologi yang begitu pesat menyebar ke dalam dunia kesehatan sebagai contoh
adalah hadirnya telemedicine. Halodoc menjadi telemedicine yang paling banyak digunakan di
Indonesia. Halodoc menawarkan beberapa layanan kesehatan, salah satunya layanan Chat
dengan dokter. Melalui layanan ini pengguna dapat melakukan konsultasi kesehatan langsung
dari gadget di manapun dan kapanpun. Dalam aplikasi Halodoc sendiri penggunanya diberi
batasan waktu konsultasi selama 30 menit. Melihat sistem seperti ini kemudian muncul
pemikiran apakah dengan durasi waktu dan proses konsultasi secara online akan memberikan
penyelesaian masalah pasien? Apakah komunikasi yang efektif akan tercapai dalam proses
konsultasi online ini? Peneliti ini ingin meneliti bagaimana pengaruh dari komunikasi efektif
dan kualitas layanan Halodoc dengan kepuasan pengguna dengan efek moderasi pengalaman
pengguna.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan pendekatan
paradigma positivistik. Jenis penelitian ini adalah penelitian survei dengan instrumen penelitian
berupa kuesioner yang dibagikan secara online. Jumlah sampel penelitian ini sebesar 184
responden dengan metode pengambilan sampel berupa non-probabilitas sampling menggunakan
purposive sampling. Uji validitas dan reliabilitas dilakukan menggunakan aplikasi SPSS dan
metode analisis data menggunakan SEM-PLS. Metode ini dipakai guna mengevaluasi hubungan
komunikasi efektif dan kualitas layanan terhadap kepuasan pengguna Halodoc dengan moderasi
pengalaman pengguna.
Hasil yang diperoleh antara pengaruh komunikasi efektif (X1) terhadap kepuasan
pengguna (Y) berupa nilai T-Statistics sebesar 0.003 di mana nilai tersebut < 1.96 yang
menandakan tidak terdapat pengaruh yang signifikan. Kualitas layanan (X2) terhadap kepuasan
pengguna (Y) didapatkan memiliki pengaruh yang signifikan dengan nilai T-Statistics sebesar
3.476 > 1.96. Pengalaman pengguna (Z) terhadap kepuasan pengguna (Y) didapatkan memiliki
pengaruh yang signifikan dengan nilai T-Statisticssebesar 4.376 > 1.96. Pengaruh efek moderasi
pengalaman pengguna (Z) terhadap komunikasi efektif (X1) dan kepuasan pengguna (Y)
didapatkan nilai T-Statistics sebesar 1.244 < 1.96, artinya efek moderasi pengalaman pengguna
terhadap komunikasi efektif dan kepuasan pengguna aplikasi Halodoc tidak berpengaruh
signifikan serta efek moderasi pengalaman pengguna (Z) terhadap kualitas layanan (X2) dan
kepuasan pengguna (Y) didapatkan nilai T-Statistics sebesar 1.364 < 1.96, artinya efek moderasi
pengalaman pengguna (Z) terhadap kualitas layanan (X2) dan kepuasan pengguna aplikasi
Halodoc (Y) tidak berpengaruh secara signifikan. Implikasi manajerial dari penelitian ini adalah
melakukan inovasi layanan untuk memperbaiki dan meyempurnakan layanan serta
memperhatikan kemampuan dalam mererespon pengguna dengan cara melatih tenaga kesehatan
yang terlibat. | en_US |
dc.publisher | Universitas Islam Indonesia | en_US |
dc.subject | Telemedicine | en_US |
dc.subject | Komunikasi Efektif | en_US |
dc.subject | Kualitas Layanan | en_US |
dc.subject | Pengalaman Pengguna | en_US |
dc.subject | Kepuasan Pengguna | en_US |
dc.title | Pengaruh Komunikasi Efektif Dokter-Pasien dan Kualitas Layanan pada Proses Konsultasi Online di Aplikasi Halodoc terhadap Kepuasan Pengguna dengan Memperhatikan Pengalaman Pengguna Sebagai Variabel Moderasi (Analisis Partial Least Square-Structural Equation Modeling) | en_US |
dc.type | Thesis | en_US |
dc.Identifier.NIM | 20321223 | |