Penerapan Persuasion Melalui Costumer Purchase Decision dalam Program Pemasaran Linnect
Abstract
Di era saat ini, internet dan pemasaran dalam sebuah bisnis telah menjadi
tulang punggung perekonomian dunia, internet telah terbukti menjadi alat
pemasaran yang efektif untuk berbagai sektor. Penurunan pelanggan yang tidak
bersedia dan tidak aktif pada tahun 2021 yaitu 17.282 pelanggan atau sebesar
18,54% membuktikan bahwa telemarketing perlu ditingkatkan. Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemasaran melalui telemarketing pada PT
Telkom Witel Yogyakarta terhadap pelanggan untuk meningkatkan pelayanan di
tengah kebutuhan konsumen. Metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif
deskriptif, dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara. Hasil penelitian
ini menunjukkan bahwa usulan program "LINNECT" di PT Telkom Witel
Yogyakarta dapat meningkatkan pelayanan pemasaran dengan menyajikan
informasi produk dalam satu website. Program ini memanfaatkan teori persuasi,
konsep keputusan pembelian konsumen untuk mempengaruhi perilaku. Telkom
berharap program ini dapat meningkatkan kepuasan pelanggan dan mencapai target
poin dengan reward yang menarik. Implikasi praktisnya adalah kontribusi positif
bagi perusahaan dan hubungan pelanggan serta program yang diusulkan dapat
meningkatkan kualitas layanan dan penjualan.
Collections
- Management [4703]