Show simple item record

dc.contributor.authorAgustin, Wiwin Sumi
dc.date.accessioned2024-05-30T03:57:38Z
dc.date.available2024-05-30T03:57:38Z
dc.date.issued2024
dc.identifier.uridspace.uii.ac.id/123456789/49702
dc.description.abstractPT Waste4change merupakan salah satu perusahaan sosial yang aktif memberikan konten promosi dan edukasi melalui media sosial, terkait dengan pengelolaan sampah dan melakukan aksi sosial peduli lingkungan. Terdapat empat layanan yang ditawarkan yaitu create, collect, campaign, dan consult. Untuk itu adapun fokus penelitian ini yaitu untuk mengetahui strategi social media marketing yang digunakan oleh Waste4change dalam menarik mitra. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk melihat bagaimana strategi social media marketing PT Waste4change dalam menarik mitra untuk bijak kelola sampah, pada penelitian ini meneliti pada dua media sosial yaitu Instagram dan Linkedin. Kemudian juga untuk mengetahui apa saja faktor pendukung dan penghambat dari strategi yang digunakan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Data dikumpulkan melalui metode observasi, wawancara mendalam, dan sumber-sumber tertulis. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Waste4change menggunakan strategi social media marketing dengan memanfaatkan fitur-fitur yang tersedia di setiap platform yang digunakan. Waste4change memfokuskan dua media sosial yaitu di Linkedin untuk B2B dan Instagram untuk B2C, yang digunakan untuk menarik mitra dalam bijak mengelola sampah melalui konten-konten yang diberikan. Adapun strategi social media marketing di Instagram yaitu konten yang disampaikan ringan, fun, dan menarik dengan memanfaatkan trend yang sedang viral. Menggunaan hashtag, serta konsistensi posting. Selanjutnya strategi social media marketing di Linkedin yaitu menidentifikasi target dan tujuan, menentukan segmentasi, mengunjungi profil perusahaan yang akan diprospek, dan memberikan informasi terkait dengan bisnis yang ditawarkan. Kemudian terdapat faktor pendukung dari strategi social media marketing Waste4change yaitu konten yang disajikan dengan bahasa yang ringan, menyenangkan, dan memanfaatkan momen yang sedang trend, pemanfaatan fitur-fitur di media sosial untuk meningkatkan engagement, dan konten-konten yang di publish sudah memiliki jadwal tersendiri. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu pertimbangan konten yang membahas pemerintah harus diseleksi dan kebutuhan iklan yang lebih banyak di media sosial Waste4change. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi dalam memperluas wawasan terkait dengan strategi social media marketing dalam konteks menarik mitra.en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectStrategi Social Mediaen_US
dc.subjectMarketingen_US
dc.subjectWaste4changeen_US
dc.subjectLingkunganen_US
dc.titleAnalisis Strategi Social Media Marketing PT Waste4change dalam Menarik Mitra Untuk Bijak Kelola Sampah (Studi Kasus Instagram dan Linkedin PT Waste4change)en_US
dc.typeThesisen_US
dc.Identifier.NIM20321165


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record