RFaktor-Faktor yang Mempengaruhi Niat Pembelian Konsumen Terhadap Produk Mie Gacoan Pada Layanan ShopeeFood
Abstract
Pesatnya perkembangan teknologi juga berpengaruh pada inovasi dan
pemasaran produk baru telah terjadi, yaitu mengubah cara konsumen mengakses
produk dan layanannya. Tidak sedikit penggunaan media sosial semakin
berkembang dan banyak bermunculan bisnis-bisnis yang membuat iklan, membuat
bisnisnya semakin maju. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi dampak
variabel Social Influences, Performance Expectancy, Effort Expectancy, dan Trust
terhadap Purchase Intention. Sampel penelitian terdiri dari individu dari generasi
milenial dan Z, dengan rentang usia mulai dari kurang dari 20 tahun hingga lebih
dari 40 tahun. Data yang digunakan adalah data primer yang dikumpulkan oleh
peneliti sendiri, dengan metode pengumpulan data purposive untuk mendapatkan
tanggapan dari responden yang menggunakan layanan pesan-antar makanan
melalui aplikasi ShopeeFood. Hasil analisis menunjukkan bahwa Social Influence
tidak memiliki dampak yang signifikan terhadap Purchase Intention. Begitu pula
dengan Effort Expectancy, yang juga tidak memiliki pengaruh yang signifikan
terhadap Purchase Intention. Temuan lain dari penelitian ini mengindikasikan
bahwa Performance Expectancy juga tidak berpengaruh signifikan terhadap
Purchase Intention. Namun, terdapat dua temuan positif dalam penelitian ini.
Pertama, Trust memiliki dampak positif terhadap Effort Expectancy. Kedua, Trust
juga berpengaruh positif terhadap Performance Expectancy. Namun, temuan
terakhir menunjukkan bahwa Trust tidak memiliki dampak signifikan terhadap
Purchase Intention.
Collections
- Management [4703]