Show simple item record

dc.contributor.authorSalsabila, Almira Syahda
dc.date.accessioned2024-05-22T08:52:42Z
dc.date.available2024-05-22T08:52:42Z
dc.date.issued2024
dc.identifier.uridspace.uii.ac.id/123456789/49536
dc.description.abstractDalam beberapa tahun terakhir, terjadi perkembangan yang signifikan dalam berbagai bidang terkait teknologi informasi dan komunikasi dalam dunia pemasaran produk. Munculnya media sosial sebagai alat komunikasi yang kuat dan efektif telah mengubah cara para pelaku bisnis mempromosikan dan memasarkan produk mereka. Vert Terre, sebagai representasi produk lokal ramah lingkungan, menghadapi tantangan dalam membangun brand awareness di tengah pesatnya informasi yang bersaing di media sosial. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana interaktivitas media sosial digunakan sebagai bagian dari strategi komunikasi pemasaran untuk meningkatkan brand awareness. Pada tahap awal, penelitian ini mengidentifikasi dan menganalisis strategi komunikasi pemasaran yang diterapkan oleh Vert Terre melalui media sosial. Selanjutnya, penelitian ini memfokuskan pada jenis konten yang dapat menimbulkan interaktivitas yang tinggi, dengan merinci berbagai fitur yang digunakan serta berbagai bentuk interaktivitas. Data penelitian diperoleh melalui observasi terhadap akun media sosial Vert Terre, wawancara dengan pengelola dan analisis konten yang dihasilkan. Berdasarkan hasil penelitian, strategi komunikasi pemasaran Vert Terre fokus pada meningkatkan interaktivitas di media sosial. Penelitian ini menyoroti peran kreativitas, relevansi, dan keterlibatan yang kuat dengan audiens dalam menciptakan interaktivitas tinggi. Pemanfaatan fitur-fitur seperti Instagram Story, Feeds, Reels, Livestreaming, dan For You Page di TikTok turut berkontribusi dalam mencapai tingkat interaktivitas yang tinggi. Hasil analisis menunjukkan bahwa konten yang memberikan pengalaman mendalam, nilai tambah bagi audiens, dan kreatif dalam memanfaatkan fitur-fitur platform mampu menciptakan keterlibatan yang lebih baik, membangun komunitas yang berfokus pada gaya hidup berkelanjutan, dan mendukung tujuan bisnis Vert Terre dalam mempromosikan produk ramah lingkungan. Dengan demikian, penelitian ini memberikan wawasan tentang strategi konten yang efektif dalam mencapai interaktivitas tinggi di platform media sosial, serta implikasinya dalam membangun komunitas yang terlibat dalam mendukung gaya hidup berkelanjutan dan kesadaran lingkungan.en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectInteraktivitas Media Sosialen_US
dc.subjectKomunikasi Pemasaranen_US
dc.subjectBrand Lokalen_US
dc.titleAnalisis Interaktivitas Media Sosial dalam Strategi Komunikasi Pemasaran Guna meningkatkan Brand Awareness : Studi Kasus Pada Produk Lokal Ramah Lingkungan ‘Vert Terre’en_US
dc.typeThesisen_US
dc.Identifier.NIM20321030


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record