Analisis Interaktivitas Media Sosial dalam Strategi Komunikasi Pemasaran Guna meningkatkan Brand Awareness : Studi Kasus Pada Produk Lokal Ramah Lingkungan ‘Vert Terre’
Abstract
Dalam beberapa tahun terakhir, terjadi perkembangan yang signifikan dalam berbagai bidang
terkait teknologi informasi dan komunikasi dalam dunia pemasaran produk. Munculnya media
sosial sebagai alat komunikasi yang kuat dan efektif telah mengubah cara para pelaku bisnis
mempromosikan dan memasarkan produk mereka. Vert Terre, sebagai representasi produk
lokal ramah lingkungan, menghadapi tantangan dalam membangun brand awareness di tengah
pesatnya informasi yang bersaing di media sosial. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis
bagaimana interaktivitas media sosial digunakan sebagai bagian dari strategi komunikasi
pemasaran untuk meningkatkan brand awareness. Pada tahap awal, penelitian ini
mengidentifikasi dan menganalisis strategi komunikasi pemasaran yang diterapkan oleh Vert
Terre melalui media sosial. Selanjutnya, penelitian ini memfokuskan pada jenis konten yang
dapat menimbulkan interaktivitas yang tinggi, dengan merinci berbagai fitur yang digunakan
serta berbagai bentuk interaktivitas. Data penelitian diperoleh melalui observasi terhadap akun
media sosial Vert Terre, wawancara dengan pengelola dan analisis konten yang dihasilkan.
Berdasarkan hasil penelitian, strategi komunikasi pemasaran Vert Terre fokus pada
meningkatkan interaktivitas di media sosial. Penelitian ini menyoroti peran kreativitas,
relevansi, dan keterlibatan yang kuat dengan audiens dalam menciptakan interaktivitas tinggi.
Pemanfaatan fitur-fitur seperti Instagram Story, Feeds, Reels, Livestreaming, dan For You
Page di TikTok turut berkontribusi dalam mencapai tingkat interaktivitas yang tinggi. Hasil
analisis menunjukkan bahwa konten yang memberikan pengalaman mendalam, nilai tambah
bagi audiens, dan kreatif dalam memanfaatkan fitur-fitur platform mampu menciptakan
keterlibatan yang lebih baik, membangun komunitas yang berfokus pada gaya hidup
berkelanjutan, dan mendukung tujuan bisnis Vert Terre dalam mempromosikan produk ramah
lingkungan. Dengan demikian, penelitian ini memberikan wawasan tentang strategi konten
yang efektif dalam mencapai interaktivitas tinggi di platform media sosial, serta implikasinya
dalam membangun komunitas yang terlibat dalam mendukung gaya hidup berkelanjutan dan
kesadaran lingkungan.
Collections
- Communication [991]