Pengaruh Kualitas Interaksi, Kualitas Lingkungan Fisik, dan Praktik Ramah Lingkungan Terhadap Kepribadian Merek dan Reputasi Merek dengan Pengalaman Pelanggan Sebagai Variabel Mediasi
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan mengenai pengaruh positif kualitas interaksi,
kualitas lingkungan fisik, dan praktik ramah lingkungan terhadap kepribadian merek dan
reputasi merek dengan pengalaman pelanggan sebagai variabel mediasi. Pendekatan kuantitatif
digunakan dalam penelitian ini. Populasi dalam penelitian ini adalah pengunjung kedai kopi
Starbucks di seluruh cabang Indonesia. Prosedur pengambilan sampel menggunakan teknik
convenience sampling. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 350 responden. Analisis
data dalam penelitian ini menggunakan pemodelan Structural Equation Model dengan software
AMOS 24. Dari data yang telah dianalisis, ditemukan hasil bahwa kualitas interaksi, kualitas
lingkungan fisik, dan praktik ramah lingkungan berpengaruh secara positif dan signifikan
terhadap pengalaman pelanggan. Kualitas interaksi, kualitas lingkungan fisik, praktik ramah
lingkungan, dan kepribadian merek berpengaruh secara positif terhadap reputasi merek. Serta
pengalaman pelanggan berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap kepribadian merek
dan reputasi merek.
Collections
- Master of Management [419]