dc.description.abstract | Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji dan menganalisis dampak
religiusitas terhadap niat melakukan pembajakan produk digital dengan
mengintegrasikan pendekatan religiusitas, etika dan Theory of Planned Behavior
(TPB) untuk lebih memahami praktik pembajakan produk digital. Penelitian ini
dilakukan di Indonesia tanpa dibatasi wilayah geografis tertentu. Adapun objek
penelitian yang digunakan adalah website maupun platform (seperti
Bolasiar.com, IndXXI, Spotify, Netflix, Video, Telegram, dan semacamnya).
Populasi dalam penelitian ini adalah masyarakat Indonesia dengan berbagai latar
belakang agama yang mengakses website ataupun platform dari berbagai macam
sumber untuk mendapatkan produk digital tanpa lisensi yang sah. Data
penelitian ini adalah data primer dengan menggunakan survei online terhadap
200 responden.
Dalam praktiknya, penelitian ini menggunkan teknik convenience
sampling yang akan diaplikasikan pada responden melalui google form dan
menghasilkan pengujian yang valid dan reliabel, dimana penelitian ini
melakukan uji dalam bentuk pre-test dengan jumlah responden sebanyak 55
orang. Jenis analisis SEM yang digunakan dalam penelitian ini adalah Partial
Least Square atau PLS-SEM. | en_US |