Show simple item record

dc.contributor.authorDeswita, Elia
dc.date.accessioned2024-05-20T03:23:57Z
dc.date.available2024-05-20T03:23:57Z
dc.date.issued2024
dc.identifier.uridspace.uii.ac.id/123456789/49359
dc.description.abstractLingkungan sampai saat ini masih menjadi masalah utama di Indonesia. Keberadaan Aksi Kita Indonesia sebagai media sangat penting dalam upaya meningkatkan kesadaran publik tentang isu lingkungan. Aksi Kita Indonesia menggunakan media sosial dan media langsung untuk menyampaikan pesan lingkungan kepada anak muda Indonesia. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana strategi komunikasi lingkungan yang dilakukan Aksi Kita Indonesia dalam meningkatkan kesadaran publik tentang isu lingkungan. Metode penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara dengan tim Aksi Kita Indonesia. Triangulasi dilakukan dengan wawancara pengikut media sosial sekaligus partisipan kegiatan langsung yang dilakukan Aksi Kita Indonesia. Hasil penelitin ini menunjukkan Aksi Kita Indonesia telah memiliki strategi komunikasi yang baik dan dilaksanakan melalui langkah-langkah yang terstruktur. Penelitian ini menemukan bahwa Aksi Kita Indonesia melakukan strategi komunikasi, yaitu pertama, menentukan komunikator dengan personifikasi Jimmin pada media sosial dan memilih anggota tim menyesuiakan bidang pada kegiatan lapangan. Kedua, Aksi Kita Indonesia menyusun pesan dengan strategi menciptakan tone of voice, always on trend, menggunakan Key Opnion Leader(KOL), kolaborasi dengan universitas atau organisasi, dan mengangkat informasi mengejutkan, serta membahas keunggulan Indoneisa. Ketiga, Aksi Kita Indonesia menggunakan beberapa sosial media dan menggunakan media langsung seperti seminar, pelatihan, atau aski lapangan bersama organisasi lain. Keempat, dalam mengenal khayalak, Aksi Kita Indonesia melakukan riset berkala terhadap target audiens untuk menciptakan komunikasi lingkungan yang efektif.en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectStrategi Komunikasi Lingkunganen_US
dc.subjectIsu Lingkunganen_US
dc.subjectMediaen_US
dc.subjectGenerasi Mudaen_US
dc.titleStrategi Komunikasi Lingkungan Aksi Kita Indonesia dalam Meningkatkan Kesadaran Publik tentang Isu Lingkunganen_US
dc.typeThesisen_US
dc.Identifier.NIM20321271


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record