Strategi Komunikasi Lingkungan Aksi Kita Indonesia dalam Meningkatkan Kesadaran Publik tentang Isu Lingkungan
Abstract
Lingkungan sampai saat ini masih menjadi masalah utama di Indonesia.
Keberadaan Aksi Kita Indonesia sebagai media sangat penting dalam upaya
meningkatkan kesadaran publik tentang isu lingkungan. Aksi Kita Indonesia
menggunakan media sosial dan media langsung untuk menyampaikan pesan
lingkungan kepada anak muda Indonesia. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk
mengetahui bagaimana strategi komunikasi lingkungan yang dilakukan Aksi Kita
Indonesia dalam meningkatkan kesadaran publik tentang isu lingkungan. Metode
penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, teknik pengumpulan data
dilakukan melalui wawancara dengan tim Aksi Kita Indonesia. Triangulasi
dilakukan dengan wawancara pengikut media sosial sekaligus partisipan kegiatan
langsung yang dilakukan Aksi Kita Indonesia. Hasil penelitin ini menunjukkan
Aksi Kita Indonesia telah memiliki strategi komunikasi yang baik dan dilaksanakan
melalui langkah-langkah yang terstruktur. Penelitian ini menemukan bahwa Aksi
Kita Indonesia melakukan strategi komunikasi, yaitu pertama, menentukan
komunikator dengan personifikasi Jimmin pada media sosial dan memilih anggota
tim menyesuiakan bidang pada kegiatan lapangan. Kedua, Aksi Kita Indonesia
menyusun pesan dengan strategi menciptakan tone of voice, always on trend,
menggunakan Key Opnion Leader(KOL), kolaborasi dengan universitas atau
organisasi, dan mengangkat informasi mengejutkan, serta membahas keunggulan
Indoneisa. Ketiga, Aksi Kita Indonesia menggunakan beberapa sosial media dan
menggunakan media langsung seperti seminar, pelatihan, atau aski lapangan
bersama organisasi lain. Keempat, dalam mengenal khayalak, Aksi Kita Indonesia
melakukan riset berkala terhadap target audiens untuk menciptakan komunikasi
lingkungan yang efektif.
Collections
- Communication [990]