Pengaruh Influencer’s Trustworthiness dan Attitude Generasi Z untuk Meningkatkan Purchase Intention dengan Berbasis Theory of Planned Behavior
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji korelasi antara influencer’s
trustworthiness dan attitude Generasi Z dalam memengaruhi niat mereka untuk
melakukan pembelian, dengan menggunakan theory of planned behavior.
Penelitian menambahkan unsur kebaharuan pada variabel influencer’s
trustworthiness. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan
menerapkan prosedur purposive sampling untuk mengumpulkan total 218 sampel
pengguna supplement fitness. Analisis dilakukan dengan menggunakan Structural
Equation Modeling (SEM) dan dibantu oleh perangkat lunak AMOS 24 Graphics.
Penelitian ini menemukan korelasi positif yang signifikan antara online customer
reviews dan attitude. Attitude memiliki korelasi positif yang signifikan dengan
brand loyalty, purchase intention, dan electronic word-of-mouth. Brand loyalty
juga memiliki korelasi positif yang signifikan dengan purchase intention.
Terdapat temuan baru, yaitu korelasi positif yang signifikan antara influencer’s
trustworthiness dengan attitude, dan electronic word-of-mouth memiliki korelasi
negatif yang signifikan terhadap purchase intention. Penelitian ini memiliki
implikasi bagi perusahaan mengenai kualitas produk dan inkonsistensi penilaian
produk yang menyebabkan eWOM memiliki hubungan negatif dengan niat beli.
Penelitian ini memiliki pembaruan pada variabel yaitu influencer’s
trustworthiness, untuk mengukur kepercayaan influencer.
Collections
- Management [4703]