dc.description.abstract | Perkembangan bisnis kuliner di Indonesia bisa dikatakan sangat pesat, karena kuliner
merupakan kebutuhan sehari - hari. Seiring berkembangnya zaman kuliner tidak hanya menjadi
suatu produk konsumsi saja, melainkan kuliner sudah menjadi gaya hidup. Fenomena ini dapat
dilihat dari banyaknya bisnis kuliner yang berada di Kota Pekanbaru. Dengan banyak kemunculan
dari pesatnya pertumbuhan bisnis kuliner tersebut Sate Taichanshibu juga menerapkan strategi
komunikasi dalam melakukan promosi dan penjualan melalui media sosial Instagram.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi komunikasi yang diterapkan
oleh Sate Taichanshibu dalam memasarkan produknya melalui media sosial Instagram. Penelitian
ini menggunakan metode analisis deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Data
diperoleh dengan melakukan wawancara langsung dengan pihak dari objek penelitian yaitu Sate
Taichanshibu dan observasi melalui media sosial Instagram sebagai data pendukung. Selain itu,
penelitian ini juga mengambil data sekunder yang didapatkan melalui studi dokumen. Penelitian
ini menggunakan tiga landasan teori yaitu Komunikasi Pemasaran, Digital Marketing
Communication dan Media Sosial Instagram.
Hasil dari penelitian ini adalah peneliti mendapatkan bahwa Sate Taichan Shibu menggunakan
media sosial Instagram sebagai sarana dalam melakukan promosi dengan cara melakukan upload
pada story, melakukan interaksi dengan konsumen di Instagram dan membuat rangkuman
testimoni dari konsumen yang berupa Highlight dengan judul “Kata Mereka” pada profilnya.
Menurut hasil penelitian, faktor keberhasilan promosi yang dilakukan oleh Sate Taichanshibu
melalui media sosial Instagram adalah dengan bantuan dari food blogger atau food logger yang
dapat menambah audience dan mengetahui akan keberadaan dari Sate Taichanshibu. Menurut hasil
penelitian, Sate Taichanshibu memutuskan untuk menggunakan media sosial Instagram sebagai
sarana promosi dikarenakan media sosial Instagram merupakan media sosial yang paling banyak
digunakan dan mudah untuk digunakan sehingga dapat membantu Sate Taichanshibu dalam
melakukan promosi khususnya pada bisnis kuliner. | en_US |