Pengaruh Penggunaan Media Sosial dan Ewom, Terhadap Kepercayaan dan Keputusan Pembelian Pelanggan (Studi pada J.Co Donuts & Coffee di Yogyakarta)
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk menganilisis pengaruh penggunaan sosial media
dan EWOM terhadap keputusan pembelian dan kepercayaan pelanggan. Penelitian
ini dilakukan dengan menggunakan teknik non-probability confidence sampling
dan metode survei, penelitian ini melakukan survei kuesioner tertutup di Daerah
Istimewa Yogyakarta (DIY), dan memperoleh 200 tanggapan yang memenuhi
kriteria kuesioner. Penelitian diuji menggunakan metode PLS-SEM (Partial Least
Squares-SEM) menggunakan aplikasi SmartPLS 3.0. Hasil temuan menunjukkan
bahwa penggunaan sosial media mempengaruhi keterlibatan pembelian. Selain
itu, sosial media dan EWOM berdampak positif terhadap kepercayaan pelanggan.
Hasil penelitian ini dapat digunakan oleh pelaku bisnis untuk mempertimbangkan
dampak sosial media, EWOM dan kepercayaan pelanggan ketika ingin
meningkatkan kinerja usaha, sebagai acuan untuk mengembangkan dan
memajukan usahanya, serta dapat menguraikan manfaat yang diperoleh.
Collections
- Management [4703]